Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Agar Sapi Cepat Gemuk


Untuk para peternak sapi, tentunya ingin sapi yang dirawatnya mempunyai badan gemuk dan padat. Tetapi dengan cara yang mereka lakukan sering kali gagal. Hal ini dikarenakan, peternak di indoIndon minim sekali pengetahuan yang seharusnya diberikan dan disosialisasikan oleh pemerintah.

Di Indonesia sendiri, peternak sapi sudah mereda di seluruh negeri. Akan tetapi, dalam beternak sapi kebanyak hanya sebagai pekerjaan sampingan saja. Diluar, satu orang peternak sapi dapat merawat 100 ekor atau lebih sapi. Jika di Indonesia peternak sapi biasa memelihara satu sampai tiga ekor setiap peternak nya.

Sedangkan, permintaan konsumen daging sapi terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk di Indonesia. Oleh karna itu, peternak sapi harus dengan pintar merawat sapi mereka agar cepat gemuk dan siap dijual. Oleh karna itu, saya akan memberikan tips untuk cara agar sapi cepat gemuk.


Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang juga menjadi salah satu faktor agar sapi cepat gemuk. Kita perlu menjaga kebersihan kandang sapi dari kotoran si sapi itu sendiri dan dari kotoran lainnya. Usahakan jangan ada bau menyengat atau bau yang membuat hidung sapi tidak terasa nyaman dan akan memengaruhi gairah makan si sapi.

Kesehatan Sapi

Kesehatan pada sapi sangat berpengaruh pada pertumbuhan penggemukan sapi. Mengapa? Jika sapi memiliki penyakit atau gangguan kesehatan seperti cacingan, diare, mencret, dan lainnya. Maka akan sangat berpengaruh pada nafsu makan si sapi. 

Untuk itu, jika kita merasa si sapi sedang ada gangguan dengan kesehatan nya. Alangkah baiknya untuk memeriksakan ke dokter hewan setempat. Jika penyakit tidak segera teratasi, dampaknya akan bisa tertular pada sapi lain dan pertumbuhan berat sapi pun akan terhambat. Jika tidak memeriksakan ke dokter, gunakanlah obat alami seperti jamu atau obat yang sudah di sarankan oleh peternak sapi senior lainnya.

Pemberian minum

Untuk pemberian minum, disarankan memberinya tiga kali sehari. Anda bisa memberikan nya pada pagi hari, siang hari, dan sore hari. Perlu diingat, jika kita memberi minum berlebihan pada sapi. Maka sapi akan mengalami kembung, dan dampak terburuknya sapi akan mengalami kematian. Hal inilah yang sering terjadi pada peternak sapi pemula, yang memberikan minum terlalu banyak pada sapi. 

Anda dapat memberikan minuman sapi dicampur dengan air tebu dan kebi. Untuk takaran air tebu sendiri, tidak ada takran khusus untuk itu. Anda dapat memberikan beberapa tetesan tebu ke air sampai warna air berubah menjadi hitam sedikit kental. Sedangkan untuk takaran kebi, anda dapat memberikan 1 liter air dan campurkan 10 SDM kebi. Atau dalam kata lain, perbandingan pemberian tetesan tebu dan kebi adalah 1:2.

Untuk tetesan air tebu sendiri, memiliki manfaat untuk pengembangan dan pengomposan daging sapi. Sedangkan kebi sendiri, berguna untuk memadatkan daging sapi.  

Pemberian pakan

Sama halnya dengan pemberian minum, anda dapat memberikan pakan pada sapi dua sampai tiga kali sehari. Pemberian pakan pada sapi harus konsisten pada jam-jam tertentu. Misal pada pagi hari anda memberikan pakan jam 7, hari berikutnya anda berikan jam 7 pula. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan sapi terkontrol oleh owner. 

Untuk pakan nya sendiri, anda dapat memberikan rumput-rumputan seperti rumput benggala, rumput gajah, tamanan lammtoro, Gamal, Kaliandra, dan centro. Anda dapat mencampur rumput-rumputan dengan comboran yang biasa dijual di toko-toko tani dan ternak.

Perlu di ingat! Makanan alternatif untuk sapi, sangat tidak cocok untuk makanan sehari-hari. Makanan alternatif sapi misal, jagung, abon sapi, kulit singkong, dan lainnya. Anda dapat memberikan makanan alternatif satu kali dalam satu Minggu saja.

Penggerakan

Cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan cara penggerakan. Hal ini dilakukan agar sapi dapat bergerak dan dalam kata lain sapi dapat berolahraga. Sama hal nya dengan manusia, jika ingin mempunyai otot besar kita harus rajin berolahraga. Begitupun dengan sapi, jika ingin daging besar dan padat, sapi harus sering mendapatkan penggerakan atau olahraga.

Begitulah beberapa tips agar sapi cepat gemuk. Tentunya, untuk melakukan perawatan agar sapi cepat gemuk. Kita harus konsisten dalam merawat sapi. Dengan kekonsistenan kita dalam melakukan penggemukan pada sapi, dalam 2-3 bulan kita akan mendapatkan hasil yang besar.

Posting Komentar untuk "5 Cara Agar Sapi Cepat Gemuk"