Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa Air Kolam Cepat Keruh Saat Budidaya Lele


Kini budidaya lele adalah peluang usaha dan bisnis yang sangat bagus. Dengan budidaya lele sangat mudah dan cepat untuk bisa mendapatkan hasil yang cukup menguntungkan. Modal yang diperlukan juga tidaklah begitu mahal. Ada beberapa tips dan trik dalam budidaya lele sehingga bisa menghasilkan balik modal bahkan keuntungan yang bisa dibilang lumayan.

Dalam budidaya ikan yang harus diperhatikan adalah mengenai kolam tempat hidup lele itu sendiri. Salah satu yang sering menjadi  kendala yaitu adalah air yang cepat keruh atau berbuih. Selain kolam yang keruh, dan berbusa, hal ini juga bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Air kolam yang kotor dan berbuih haruslah diperhatikan oleh para pembudidaya ikan.Adanya busa/buih di dalam kolam ikan menunjukan bahwa air  tidak sehat. Sering sekali pembudidaya mempunyai air kolam ikan yang penuh busa/buih.  Air kolam yang berbuih dan keruh ini tentunya kurang sehat dan bisa mengakibatkan lele rentan terkena penyakit, sebenarnya apa saja alasan kenapa air cepat keruh dalam budidaya lele, kemungkinanya bisa karena berikut ini :

  • Kolam yang cepat keruh bisa diakibatkan terjadinya peningkatan kadar gas CO2 dan banyaknya  plankton yang mati. Selain air koam bisa jadi berbusa, kondisi ini biasanya juga mengakibatkan air kolam menjadi keruh dan pekat.
  • Alasan kenapa air cepat keruh dalam budidaya lele yang kedua yaitu bisa juga diakibatkan tingginya kadar organik terlarut dalam air. Bahan organik ini bisa terdiri dari sisa kotoran ikan yang tidak terurai atau sisa makanan yang tidak termakan oleh ikan dan hasil metabolisme ikan menumpuk dan mengendap didasar kolam yang  mengakibatkan keruh.
  • Selain itu fenomena ledakan alga atau biasa disebut algae blooming. Kondisi ini terjadi karena proses pemupukan yang terlalu banyak atau over dosis penggunaan katalis plankton. Hal ini menyebabkan populasi alga menjadi tidak terkontrol. Selain menimbulkan busa pada air  juga menyebabkan air kolam menjadi pekat.

Untuk mengatasi kolam yang cepat keruh dalam budidaya lele ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas air tetap baik dan tidak ada lagi alasan kenapa air cepat keruh dalam budidaya lele, diantaranya yaitu :

  • Lakukanlah pembuangan air pada bagian dasar kolam/wadah budidaya sebanyak 30% sebelum melakukan pengisian air baru.
  • Berikanlah probiotik atau bakteri pengurai pada kolam, hal ini bertujuan agar  media kolam menjadi tetap stabil, probiotik bisa diperoleh di toko-toko yang menjual sarana produksi perikanan. Alasan kenapa air cepat keruh dalam budidaya lele bisa diatasi dengan cara ini.
  • Kolam yang membudidayakan ikan lele, direkomendasikan agar lele dipuasakan satu hari lamanya, sampai ikan menjadi lincah kembali setelah pergantian/penambahan air.
  •  Membuat sirkulasi/pergerakan air kolam secara terus menerus.
  • Membuat penahan untuk air hujan supaya tidak masuk ke air media pembesaran
  • Menambahkan tanaman air pada media pemeliharaan 50%-70% permukaan air media pemeliharaan.

Mengembangbiakan ikan lele ini mudah dan cepat mengdatangkan keuntungan, budidaya dapat dillakukan dengan berbagai alternatif, yaitu dalam kolam permanen., kolam terpal, kolam tanah, dan sistem kolam bioflok.. Kegiatan budidaya lele sangat berpotensi besar untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan.. Proses perkembangbiakan dan pertumbuhan lele pun juga mudah tidak lah sulit. Demikianlah informasi tentang alasan kenapa air cepat keruh dalam budidaya lele dan juga bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan bisnis budidaya ikan lele.

Posting Komentar untuk "Alasan Kenapa Air Kolam Cepat Keruh Saat Budidaya Lele"