Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Budidaya Ikan Nila Dan Lele Untung Besar


Budidaya Ikan nila dan lele menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Selain biaya dan bahan yang digunakan tidak mahal. Proses perkembangbiakan dan panennya juga sangat cepat dan mudah yaitu sekitar 2-3 bulan . Masyarakat juga sangat berminat pada ikan nila dan lele sebagai lauk pauk. Kandungan gizi yang lengkap serta rasanya yang lezat menjadikan ikan ini tetap laris di pasaran. 

Jika anda ingin berhasil dalam budidaya ikan  nila-lele , ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempercepat pembesaran ikan nila agar dapat dipanen lebih cepat. Simaklah ulasan berikut ini.


Menggunakan Ikan Nila dan lele Unggul

Agar Anda dapat melakukan pemanenan  ikan nila dan lele lebih cepat, maka sebaiknya anda memakai bibit ikan nila dan lele unggul. Di Indonesia, ada beberapa bibit ikan nila unggulan, di antaranya yaitu  JICA,Nirwana, nila GIFT dll. Bibit ini bisa anda peroleh ditempat penjualan bibit ikan di pasaran. Ini adalah salah satu cara agar ikan nila lele cepat besar dan panen.


Budidaya Nila Secara Monosex

Budidaya ikan yang monosex dikenal lebih menguntungkan, karena hanya membudidayakan ikan yang mempunyai jenis kelamin yang sama atau tidak dicampur antara jantan dan betina. Hal ini dilakukan agar mencegah perkawinan antar ikan, sehingga energi ikan untuk tumbuh tidak terkuras dan teralihkan dengan proses perkawinannya. 


Menggunakan Benih yang Sehat

Cara agar ikan nila lele cepat besar dan panen yaitu adalah kesehatan benih  yang digunakan. Sehingga, risiko kematian ikan nila akan semakin sedikit dan tentu akan lebih mendatangkan keuntungkan. Ciri benih ikan nila yang unggul dan sehat dapat dilihat dari bentuk dan geraknya, yaitu: 

  • Ukuran dan bentuk tubuhnya nampak seragam antara satu dan yang lain 
  • Benih akan nampak lebih aktif dan gesit saat berenang 
  • Tidak adanya cacat maupun luka pada bagian tubuhnya 
  • Tidak terjangkiti oleh virus penyakit 


Kualitas Air Kolam

Kualitas air yang digunakan di kolam budidaya sangat menentukan laju pertumbuhan ikan, oleh sebab itu pembudidaya harus untuk selalu memantaunya. Hindarilah kolam yang kotor,berbuih  dan berbau. Air kolam yang kotor, bisa diakibatkan oleh tercemar berbagai zat , bisa mengakibatkan penyakit pada ikan. 


Untuk itu, perawatan kolam secara teratur sangat penting dan dibutuhkan. Persyaratan air kolam ikan yang harus diperhatikan adalah nilai ph antara 6,5 hingga 8,6, suhu air antara 25 sampai 30 derajat celsius, kadar oksigen terlarut 5 mg/l, kadar garam air yaitu 0 sampai 28 ppt dan kadar amonia harus kurang dari 0,02 ppm. Perhatikanlah dengan tepat mengenai media hidupnya ini adalah salah satu cara agar ikan nila lele cepat besar dan panen.


Pakan Ikan Nila dan Lele

Kebutuhan pakan nila yaitu sekitar  3 persen dari bobot tubuh ikan. Untuk menentukan jumlah pakan lebih efektif, disarankan untuk  melakukan penimbangan bobot ikan setiap 1-2 minggu sekali, lalu sesuaikan jumlah pakan yang akan diberikan dengan bobot tersebut. 


Demikianlah cara agar ikan nila lele cepat besar dan panen. Dengan tips dan cara tersebut diatas, anda bisa memperoleh keuntungan dalam bisnis budidaya ikan ini. Semoga artikel ini bisa membantu anda yang ingin memulai bisnis ini ya.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Budidaya Ikan Nila Dan Lele Untung Besar"