Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Burung Lovebird Ngekek Panjang

Lovebird adalah salah satu burung yang amat digemari oleh para kicau mania. Selain suaranya yang khas dan merdu, Lovebird juga memiliki nilai lain yaitu dari segi warna. Jenis Lovebird berbeda-beda sesuai dengan warna bulunya. Ada lebih dari 7 jenis Lovebird dengan varian harga yang berbeda.

Tetapi, bagi para kicau mania warna saja tidaklah penting. Yang terpenting adalah bagaimana cara agar burung Lovebird mereka dapat berkicau dengan lantang dan juga panjang. Kicauan burung Lovebird yang memiliki durasi panjang, memiliki nilai + dalam penilaian kicau mania. Oleh Karna itu, untuk menjadi burung juara harus memiliki suara lantang dan durasi yang panjang.

Agar burung Lovebird dapat ngekek lantang serta durasi panjang, tentu harus ada tips untuk merawat burung tersebut. Untuk cara agar burung Lovebird ngekek panjang, silahkan simak artikel ini baik-baik!


Terapi Pengembunan

Sama hal nya dengan burung lainnya, burung Lovebird pun harus diberikan pengembunan untuk melatih fisik sertaemtal si burung. Embunkan burung pada pagi hari dan pastikan burung terkena embun pagi. Dengan mandi embun yang diberikan, dapat meningkatkan gairah si burung untuk ngekek panjang.

Serta, dalam pengembunan kita sama saja dengan melakukan pemasteran pada burung. Karna dengan burung dikeluarkan dan dibiarkan, burung akan sut-sautan dengan burung liar. Hal itu akan mendorong kemauan si burung untuk mengikuti dan membalas kicauan burung liar lainnya.


Mandikan dan jemur

Setalah burung melakukan terapi pengembunan, selanjutnya mandikan burung antara pukul 7 sampai 11 pagi. Jangan melewati waktu yang sudah ditentukan. Karna jika semakin siang akan semakin tidak baik proses pemandian dan juga penjemuran ini.

Jika sudah dimandikan, anda dapat menjemur burung tepat pada bawah sinar matahari. Jemur burung sampai bulu-bulu pada burung kering total luar dalam. Atau jika diwaktu antara 15 menit hingga 1 jam saja. Jangan sampai kelamaan, karna akan membuat burung dehidrasi dan menyebabkan kematian pada burung.


Pemberian pakan dan pakan tambahan

  • Makanan pokok

Jika sudah melakukan perawatan diatas, anda dapat memberikan pakan pada burung Lovebird. Pakan burung Lovebird biasa adalah Milet. Anda dapat memberikan satu cepuk Milet untuk dihidangkan kepada burung.  Dan juga anda dapat memberikan satu cepuk air putih higienis yang bersih agar terhindar dari penyakit.

  • Pakan Tambahan 

Untuk pakan tambahan, anda dapat mencampur kan Milet dengan biji kenari dan juga kwaci. Campuran ketiganya dengan perbandingan Milet : Biji Kenari : Kwaci = 2:1:1. Pastikan Milet lebih banyak karna Milet adalah makanan pokoknya, sedangkan biji kenari dan kwaci hanya makanan tambahan saja.

Selain itu, anda dapat menaruh jagung manis, toge, dan juga kangkung didalam sangkar. Karna untuk memenuhi nutrisi yang kurang dalam pakan sehari-hari Lovebird. Pastikan pakan tambahan ini selalu berbeda-beda setiap minggunya agar burung tidak bosan.

  • Pemberian multivitamin

Selaian pakan pokok dan pakan tambahan, anda dapat menambahkan vitamin untuk burung. Tujuannya agar kesehatan burung terjaga dan selalu fit karna terhindar dari berbagai penyakit.

Jika perlu, anda dapat memberikan obat perangsang ngekek untuk Lovebird. Anda dapat membeli berbagai vitamin di toko burung terdekat. Biasanya, pemberian obat perangsang ngekek ini diberikan pada saat akan melombakan burung. Tujuannya agar burung mendapatkan juara pada saat kontes burung.


Pemasteran

Sama hal nya dengan burung lainnya, Lovebird pun harus diberikan pemasteran untuk menimbulkan gairah ngekek si burung. Berikan suara pemasteran yang durasi nya panjang dan juga lantang. Hal ini agar si burung dapat mengikuti gaya ngekek pada burung yang di masteri. 

Untuk waktu pemasteran, anda dapat memberikan pada pagi hari atau pun malam hari. Pada pagi hari, anda dapat mengkrodong sangkar burung dan gantang burung di tempat yang sepi. Lalu, anda dapat menyalakan spiker suara pemasteran burung. 

Sama dengan pagi hari. Anda dapat mengkrodong sangkar burung dan gantang ditempat yang sepi. Lalu, anda dapat membunyikan spiker agar terdengar oleh burung. Bedanya dengan pemasteran pagi hari, pada malam hari waktu pemasteran lebih lama. Anda dapat memasteri burung sampai pagi hari sebelum melakukan pengembunan.

Begitu lah tips perawatan sehari-hari agar Lovebird ngekek panjang dan konslet. Lakukanlah perawatan yang konsisten pada burung agar hasil yang lebih maksimal. Pakan tambahan pada burung jangan sampai telat Karna sangat berpengaruh pada kondisi burung.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Burung Lovebird Ngekek Panjang"