Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Ikan Lele Untuk Pemula


Budidaya ikan lele dapat menjadi upaya utama untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Secara ekonomi budidaya ikan lele sangat menguntungkan. Budidaya ikan lele tidaklah sulit dan bisa dilakukan oleh para pembudidaya yang biasanya tidak membudidayakan ikan air tawar. Hal yang perlu diperhatikan dalam cara budidaya ikan lele untuk pemula adalah persiapan kolam. Kolam tersebut disiapkan untuk wadah pembesaran hingga nantinya didapatkan lingkungan yang optimal untuk kehidupan ikan. Tujuan akhirnya agar lele bisa hidup dan tumbuh maksimal.

Bagaimana Membudidaya Ikan Lele

Ketahui Macam-Macam Tipe Ikan Lele

Di Indonesia, jenis ikan air tawar sudah sangat populer di kalangan masyarakat umum. Oleh karena itu, budidaya ikan lele bukanlah industri yang relatif baru. Di Indonesia banyak sekali jenis lele yang dipasarkan. Jenis-jenis lele diantaranya adalah lele lokal, lele dombo, lele phyton, dan lele babon yang dikenal dengan nama lele kalimantan. Namun jenis ikan lele yang paling banyak jumlahnya adalah ikan lele lokal yang bernama lele dombo.


Menentukan Wadah

Wadah atau tempat yang perlu diperhatikan agar budidaya ikan lele ini berhasil. Ada beberapa tempat yang dapat digunakan untuk budidaya ikan lele yang adalah bak plastik, fiberglass, akuarium, penegang, kolam tanah, atau dinding kolam. Anda harus tau bahwa cara budidaya ikan lele untuk pemula, salah satunya adalah letak atau penempatannya yang akan sangat berpengaruh dalam perkembangan usaha anda. Suplai air perlu di perhatikan pada wadah yang digunakan untuk budidaya ikan lele ini. Anda perlu memperhatikan kualitas air setiap jenis ikan juga tekstur tanahnya. 


Menentukan Kondisi untuk Membudidaya Ikan Lele

Pembuatan tempat atau tambak untuk budidaya ikan perlu disesuaikan dengan tahapan budidaya. Untuk penetasan telur atau benih, anda dapat menggunakan kontrol kolam seperti akuarium, fiberglass, plastik dan lainnya. Bisa juga menggunakan dinding kolam renang atau tanah. Terpal renang dibuat dengan cara menggali dasar tanah atau dengan membuat kerangka dari bambu atau pipa besi yang ditutup dengan terpal.


Pemeliharaan Kolam untuk Ikan Lele

Perawatan kolam dengan sistem aquaponik dapat menggunakan dinding kolam atau galon atau bak plastik, ini adalah salah satu hal penting dalam cara budidaya ikan lele untuk pemula. Ukuran kolam pemeliharaan lele yang digunakan mulai dari 2x3 meter dengan ketinggian mencapai ketinggian 1 meter. Kemudian sebuah pot berdiameter 30 cm diisi rockwool dan kerikil. Jarak antara pot dengan pot lain bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, dan tempatkan semua perawatan di kolam lele. Selanjutnya pasang pompa air untuk menambahkan air kolam.


Membesarkan Ikan Lele

Faktor pertumbuhan ikan lele, lele tumbuh lebih cepat, lebih cepat mencapai ukuran yang bisa dipanen, sehingga pertumbuhan ikan lele ini sangat penting bagi pembudidaya lele. Setelah persiapan kolam pembibitan ikan lele selesai dilakukan maka langkah selanjutnya adalah menaburkan benih lele. Penting untuk diingat saat fase pembesaran ikan lele, pastikan sirkulasi air tidak terganggu. Apabila sirkulasi air tidak begitu baik maka akan membuat ikan lele menjadi tidak nyaman yang selanjutnya akan mengganggu nafsu makannya.


Anda dapat memelihara ikan lele di tangki, keramba bawah air, dan kapal lain, tetapi pendekatan yang umum dilakukan adalah membesarkan ikan di tambak yang cukup besar untuk menampung beberapa hektar kolam lele. Hal terpenting dalam cara membudidaya ikan lele untuk pemula adalah untuk memberikan makan ikan anda setiap hari, biarkan mereka makan apa saja selama 20 hingga 25 menit. Pellet makanan harus mengandung semua vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan. 

Posting Komentar untuk "Cara Beternak Ikan Lele Untuk Pemula"