Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Ikan nila dan lele  adalah ikan yang banyak diminati untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga ikan nila dan lele ini selalu laris dipasaran. Rasanya yang lezat dan kaya akan gizi nya membuat pembudidaya banyak yang senang membudidayakan ikan ini.Ikan ini bisa dikembangbiakan di air tawar dengan mudah dibandingkan ikan jenis lainnya. Ikan nila dan lele  juga tidak mudah sakit dan memiliki pertumbuhan yang cepat.

Membudidayakan lele dan nila sangat mudah dan tidak sulit, bahkan bagi pengusaha pemula. Makanannya, begitu juga benihnya sangat mudah didapat. Simaklah ulasan cara budidaya nila dan lele bagi pebisnis pemula berikut ini.

 

Pembuatan Kolam

Kolam ikan lele dan nila bisa terbuat dari berbagai alternatif, misalnya saja tanah, terpal, maupun semen dengan ukuran yang sangat besar. Untuk menebar bibit,sebelumnya, Anda harus melihat apakah lumut dan fitoplankton telah terbentuk. Tunggulah hingga ada, hal ini bertujuan agar air tidak cepat keruh. Cara Budidaya nila lele untuk pemula ini sangat mudah untuk dicoba.


Benih yang Berkualitas

Benih ikan lele unggul memiliki beberapa ciri fisik yang bagus,besar, kokoh,  gesit dan agresif saat pemberian makan. Jika kita memilih benih yang berkualitas, tentu saat panen nanti hasil akan lebih besar. Jenis benih lele yang berkualitas yaitu yang paling penting benih yang paling lahap untuk menyantap makanan.


Proses Kawin

Cara Budidaya nila lele untuk pemula yang selanjutnya yaitu harus mengetahui proses kawin. Tanda lele jantan siap kawin jika alat kelaminnya berwarna merah, dan pada betina berwarna kuning. Setelah itu sel telur akan menempel dan menetas selama 24 jam. Hingga lele anakan bisa dipisah di tempat lain, biasanya di ember.


Pengembangbiakan

Sebelum dipindahkan, gunakan  ember yang diisi air kolam untuk menempatkan benih lele. Ini bertujuan supaya benih lele tidak stres yang mungkin bisa mati. Benih lele membutuhkan adaptasi di tempatnya yang baru, oleh karena itu diamkanlah 1 hari agar anakan bisa beradaptasi untuk hidup di air kolam.


Pemeliharaan

Ada hal hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan ikan lele, yakni:

•Pengelolaan Air

Gantilah air diluar masa panen. Tambahlah air kolam secara bertahap, namun benih lele sudah harus diberi makan . Gantilah air dan lakukan pengecekan secara berkala, jika air  dalam pemeliharaannya sudah mulai keruh, kotor berbusa atau berbau , ini menunjukan harus sudah waktunya mengganti air. Hal ini penting agar ikan terhindar dari penyakit. Cara Budidaya nila lele untuk pemula ini harus diperhatikan.

•Pemberian Makan

Pakan ikan lele salah satunya adalah  pellet. Bisa juga diberi cacing dan plankton. Makanan ini sangat bergizi bagi lele. Berilah makan sebanyak tiga kali sehari, biasanya pada pagi, siang dan sore hari, Ber lagi makanan bila masih ada lele yang kelihatan lapar dan meminta makan. Memberi makan pagi hari agar polusi yang mencemari air hancur saat terkena sinar matahari..

•Pencegahan Hama

Berilah obat-obatan khusus untuk lele agar bebas dari penyakit. Dan gunakan obat hama.Cara Budidaya nila lele untuk pemula dan cara pemeliharaan ini harus dilakukan dengan baik. Karna jika air sudah terkena penyakit ataupun hama, dampaknya akan berlanjut pada panen nanti. Bisa saja ikan tidak jadi dipanen Karna mati, atau daging ikan yang kurang berkualitas.


•Pemisahan Siap Panen

Setelah 3 bulam biasanya lele bisa dipanen. Air kolam akan nampak berwarna merah. Ukuran lele biasanya sekitar 6cm-12 cm, Besar bukan. Hati-hati saat panen dan sortirlah untuk lele yang ukuran besar. Karna berbeda ukuran ikan biasanya mempunyai harga yang beda pula.

Semoga artikel ini berguna bagi anda yang sedang ingin memulai bisnis budidayakan nila lele.  Anda bisa memperoleh keuntungan yang menjanjikan. Salam bisnis dan tetap semangat.

Posting Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula"