Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Merpati Agar Terbang Cepat Dan Tinggi


Burung Merpati atau yang biasa disebut burung dara adalah salah satu burung yang sering diperlombakan. Berbeda dengan burung lainnya yang biasa diperlombakan dan dinilai dari segi suaranya, burung ini diperlombakan dengan menilai kecepatan dalam terbang. Siapa burung-burung yang terbang paling cepat dia yang akan keluar sebagai juaranya.

Untuk perlombaan burung dara sendiri, sudah menjadi event tahunan perlombaan nasional maupun internasional. Di Indonesia, kita dapat menjumpai perlombaan-perlombaan burung dara di setiap daerah di Indonesia. Hadiah yang diberikan pun jika mendapatkan kemenangan tidak main-main. Tak jarang, juara 1 sering mendapatkan motor ataupun mobil.

Agar burung dara kita dapat mendapatkan juara, tentu kita harus melatih nya secara maksimal. Oleh karna itu, saya akan memberikan tips melatih burung dara agar terbang cepat dan tinggi. Untuk mengetahui tahap-tahap nya, silahkan simak berikut ini!

Perawatan harian

Anda dapat merawat burung dara anda seperti burung dara lainnya. Bedanya, untuk pelepasan harus diberikan waktu yang terjadwal. Anda dapat melepaskan burung dara anda satu kali dalam 1 Minggu. Pemberian pakan yang dapat anda berikan jagung kering yang berikan sedang, tidak terlalu kecil maupun besar. 

Selain itu, mandikan burung dara satu kali dalam 1 hari yaitu pada pagi menjelang siang hari atau pada sore hari. Anda dapat memandikannya dengan tangan anda yang mengelus-elus bagian badan burung dara dengan air. Pastikan seluruh badan burung basah total.

Jika sudah dimandikan, jemur burung tepat dibawah sinar matahari. Jemur sampai bagian badan burung kering total agar tidak ada bulu dara yang masih basah dan mengakibatkan penyakit bagi burung dara. Jemur burung kurang lebih 30 hingga 1,5 jam.

Pelatihan 

Selanjutnya, anda dapat memberikan pelatihan pada burung setiap harinya. Berikan pelatihan secara bertahap dan seirama agar burung tidak kaget. Berikan porsi latihan seperti berikut.

  • Terbang lempar atas
Langkah pertama anda dapat melemparkan burung ke atas dan terjun ke bawah. Latihan ini dengan maksud untuk membentuk mental dan otot sayap burung pada saat akan terjun. Biasanya saat perlombaan, banyak burung yang sudah memimpin dari awal terkadang kalah saat akan terjun ke bawah. Oleh karna itu, pelatihan ini sangat penting diberikan untuk burung. Latih seperti ini secara terus menerus setiap harinya.
  • Latihan 10 meter
Untuk penerbangan pertama, anda dapat menerbangkan burung dengan jarak 10 meter. Pastikan burung terbang tepat pada sasaran yaitu pada betina bukan pada rumahnya.
  • Latihan 20 meter
Jika 10 meter sudah dilalui dengan lancar, tambah menjadi 20 meter jarak pelatihan nya. Pada saat akan diterbangkan, lempar burung keatas dengan tujuan agar burung lebih agresif.
  • Latihan 30 meter
Selanjutnya, tambah porsi latihan menjadi 30 meter. Pindah posisi saat melakukan leading penerbangan. Jika pada saat latihan 20 meter diterbangkan dari arah barat, di 30 meter anda dapat menerbangkan dari arah timur. 
  • Latihan 50 meter
Sama hal nya dengan 30 meter, anda dapat merubah posisi leading penerbangan ke arah Utara. Disini, anda dapat menerbangkan dua burung agar dapat menjadi lawan dan memunculkan sifat fighter si burung. Anda dapat melihat perubahan saat diberikan lawan pada burung.
  • Latihan ratusan meter
Jika sudah berhasil dengan latihan-latihan diatas, berikan pelatihan ratusaneter untuk burung. Terbangkan burung setidaknya 3 kali dalam sehari agar dapat membentuk otot badan dan sayap burung. Jika bisa, terbangkan burung dari atas bukit agar dapat terjun saat akan melakukan pendaratan.

Berikan multivitamin dan jamu

Pemberian multivitamin dan jamu dapat meningkatkan kekuatan untuk burung. Dengan kekuatan yang lebih, burung akan mengahasilkan powe yang kuat saat mengepakan sayap nya. Berikan vitamin maupun jamu pada burung secara teratur sesuai dosis yang diberikan.

Untuk multivitamin maupun jamu, anda dapat membelinya di toko-toko burung terdekat. Beli vitamin ataupun jamu sesuai dengan kebutuhan burung anda. Misal, burung anda ingin mendapatkan power yang lebih. Anda dapat memberikannya jamu penambah power atau sebagiannya.

Lakukanlah perawatan dan pelatihan ini secara konsisten setiap harinya. Latih sesering mungkin agar perototan pada badan burung dara lebih membentuk dan akan menghasilkan power yang lebih. Suplai vitamin dan jamu diharapkan sesuai jadwal agar lebih maksimal. Untuk mengetahui info-info seputar burung dara lainnya, silahkan kunjungi www.mangido.xyz.

Posting Komentar untuk "Cara Melatih Merpati Agar Terbang Cepat Dan Tinggi"