Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Burung Sogon Hasil Ombyokan Agar Cepat Jinak


Burung sogon adalah burung kecil berjenis Kolibri yang memiliki suara lantang dan merdu. Burung ini jika kita rawat baik-baik, hasilnya akan sangat memuaskan dan akan menyenangkan hati pemiliknya. Bukan hanya itu, harga dipasaran pun akan melambung tinggi berjalan dengan berkembangnya si burung. Dari segi suara maupun tampilan badan yang tidak nyilet.

Akan tetapi, banyak orang-orang yang lebih memilih merawat burung kecil ini hasil ombyokan ataupun hasil tangkapan alam. Padahal, burung hasil ombyokan ataupun tangkapan alam akan sangat gampang untuk stres. Dan pada akhirnya akan menyebabkan kematian pada burung. Oleh Karna itu, terdapat tips and trik agar si burung tidak mati mengurus. Untuk lebih lanjutnya, silahkan baca baik-baik!

1. Letakan di sangkar kecil

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menaruh burung tersebut di kandang yang ukurannya kecil. Tujuannya agar resiko terluka pada burung akan menipis. Mengapa burung bisa terluka? Karna, pada burung hasil Pikatan maupun ombyokan akan memiliki sifat Firas dan agresif. Oleh Karna itu, si burung akan lebih sering terbang didalam kandang dan menabrak dinding kandang yang dapat membuat nya luka.

Bukan hanya itu, dalam masa penjinakan pun akan lebih gampang dengan pemberian sangkar yang kecil. Untuk penjelasan nya, nanti kita berikan pada tahap-tahap berikut nya. 

2. Mandikan dan dijemur

  • Pemandian

Untuk selanjutnya, silahkan anda mandikan si burung. Untuk waktu mandikan burung, anda dapat menyesuaikan nya sama halnya dengan burung lainnya. Misal, waktu mandi burung Lovebird jam 8 pagi. Anda juga dapat memandikannya jam 8 pagi. Pastikan saat memandikan burung sampai basah kuyup.

  • Penjemuran

Setelah dimandikan, anda dapat melakukan penjemuran pada burung anda. Jemur burung dan pastikan tepat terkena sinar matahari. Pada saat penjemuran, pastikan juga tidak ada makanan maupun minuman yang tersedia didalam sangkar. Hal ini agar si burung terasa lapar jika sudah dijemur. Lakukan penjemuran 15 menit sampai 1 jam setiap penjemuran nya.

Lebih disarankan, pada saat penjemuran anda menaruh sangkar burung di dekat jalan yang dilalui oleh banyak orang. Tujuan dari ini, agar burung terbiasa dengan lalu lalang orang dan tidak takut pada kita.

  • Meng angin-anginkan

Jika anda sudah menjemur nya, anda dapat meng angin-anginkan burung di tempat teduh selama ±15 menit. Saat itu, anda dapat sambil membuat pakan dan minuman baru untuk burung. Ingat, pakan dan minuman harus baru. Karna pakan burung sogon adalah madu yang dapat kita ganti dengan susu. Oleh Karna itu, susu mudah basi dan harus diganti setiap harinya.


Pemberian pakan

Setelah burung di angin-anginkan, anda dapat memberikan pakan pada burung langsung menggunakan tangan anda. Tujuan dari ini, agar burung tidak takut pada kita dan terbiasa dengan owner nya. 

Berikan pakan tambahan berupa kroto atau sebagainya. Pemberian pakan tambahan ini agar burung selalu fit walaupun burung sedang stres. Anda juga dapat memberikan pakan tambahan ini menggunakan tangan anda secara langsung. Anda dapat memberikan pakan dengan tangan anda setiap harinya saat burung akan makan.


Itu dia tips and trik penjinakan burung sogon hasil ombyokan. Jangan lupa, lakukan hal ini secara konsisten dan stabil setiap harinya. Tujuannya agar kita tidak membuang-buang waktu kita hanya untuk mengurus nya. Burung ini, jika sehari saja tidak berinteraksi dengan kita, sifatnya bisa saja kembali pada awal perawatan.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Burung Sogon Hasil Ombyokan Agar Cepat Jinak"