Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Ciblek Gunung Agar Cepat Gacor dan Ngebren


Burung ciblek sendiri terdapat beberapa jenis spesies dari satu keluarga. Diantaranya ada ciblek sawah atau yang lebih dikenal dengan sebutan (Ciwah), ciblek kristal atau (Cikris), dan juga ciblek gunung atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan (Cigun). Untuk perawatan agar burung dapat gacor, berbeda-beda setiap jenis burungnya. Adapun disini akan dijelaskan perawatan agar burung ciblek gunung cepat gacor dan ngebren

Untuk peminatnya sendiri, ciblek gunung sudah banyak kontes-kontes nya di Indonesia. Berbagai komunitas burung kecil ini sudah dapat kita jumpai di setiap daerahnya. Akan tetapi, pamor dari ciblek gunung sendiri masih kalah dari ciblek kristal. 

Untuk mengetahui langkah-langkah merawat burung ciblek gunung agar cepat gacor dan ngebren, silahkan simak artikel ini baik-baik!

Pengembunan

Fungsi dari pengembunan sendiri agar si burung memiliki gairah yang tinggi untuk berkicau. Pengembunan juga dapat membantu si burung mengembalikan badan yang fit dan maksimal

Selain itu, jika kita mengembangkan burung pada pagi hari. Burung juga akan ber sahut-sahutan dengan burung liar lain. Burung liar akan membantu burung ciblek untuk membuka paruh nya agar bersuara. 

Selain itu, dengan proses pengembunan juga burung merasa hidup seperti di alamnya dan akan membuat hatinya senang. Sama hal nya dengan manusia, jika hati kita senang maka melakukan sesuatu pun akan sangat senang. Begitupun dengan burung, jika hatinya senang burung akan lebih sering berkicau dan membuka suaranya.

Proses pemandian

Jika burung sudah di embunkan, pada pagi hari anda dapat memandikan si burung. Anda dapat memandikan dengan memakai keramba ataupun memasukan celuk berukuran sedang kedalam sangkar. Biarkan burung mandi dengan sendirinya.

Penjemuran

Setelah burung dimandikan, anda dapat menjemur burung tepat di bawah sinar matahari. Tujuannya, agar air-air pada bulu cigun agar dapat kering total dan maksimal. Jika terdapat bulu basah didalam bulu cigun dan tidak dikeringkan secara total, akan membuahkan penyakit pada burung. Anda dapat menjemur burung selama 30 menit hingga 2 jam lamanya.

Pemberian pakan dan ekstra fooding (EF)

Pakan harian untuk burung ciblek umumnya adalah Voer. Selain itu, anda juga dapat memberikan EF atau pakan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung. EF sendiri dapat anda berikan berupa:

Jangkrik

EF pertama yang dapat anda berikan adalah jangkrik. Anda dapat memberikan jangkrik untuk cigun sehari dua kali. Pagi 2-3 ekor dan sore 2-3 ekor. Atur jumlah EF jangkrik sesuai dengan kebutuh burung. Jika burung hanya dapat melumat 2 jangkrik saja, berikanlah 2 jangkrik saat pemberian EF ini. 

Dan jangan lupa, pada saat akan diberikan potonglah bagian kepala dan kaki jangkrik. Jika cigun anda tidak terbiasa dengan pemberian jangkrik, anda dapat juga memberikan EF lainya.

Ulat Hongkong

Pemberian ulat Hongkong dapat anda berikan satu hingga dua ekor setiap harinya. Karna ulat Hongkong akan berdampak panas pada burung jika diberikan terlalu sering. Maka cukup satu kali saja pemberian EF ini setiap harinya.

Kroto segar

Sama hal nya dengan ulat Hongkong, kroto juga memiliki dampak panas pada burung. Oleh Karna itu, berikan lah kroto pada cigun satu kali dalam seminggu. Atau dua kali dalam seminggu, tergantung dengan kriteria cigun. Satu lagi, jika dalam pemberian kroto jangan memberikan EF lainya. Jadi, anda dapat menjadwalkan hari kapan pemberian kroto pada cigun setiap minggunya.

Pemasteran

Jika tahapan-tahapan diatas sudah dilakukan dan pemberian EF sudah maksimal, selanjutnya anda dapat melakukan pemasteran pada cigun. Anda dapat melakukan pemasteran pada siang hari dan malam hari.

Pada siang hari, anda dapat memasteri cigun stelah cigun dimandikan dan diberi pakan. Caranya, dengan mengkrodong sangkar burung dengan kain dan gantang ditempat yang sepi lalu bunyikan mp3 suara burung masteran. Masteri sampai waktu makan pada burung tiba. Misal, burung akan diberi makan pukul 2 siang. Maka anda dapat menyetop pada pukul 2 siang.

Sama dengan siang hari, anda dapat memasteri burung dengan mengkrodong sangkarnya. Lalu anda dapat menyetel mp3 suara pemasteran burung cigun. Berbeda dengan pemasteran pada siang hari, pada malam hari anda dapat memasteri burung hingga ber jam-jam. Kita dapat mematikan mp3 saat burung akan melakukan pengembunan. Untuk mengetahui info-info seputar burung lainnya, silahkan kunjungi www.mangido.xyz.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Ciblek Gunung Agar Cepat Gacor dan Ngebren"