Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Langkah Berlatih Mobile Legends Agar Menjadi Pro Player


Siapa sih yang tidak mengenal game Mobile Legend. Game Mobile Legends merupakan game mobile bergenre MOBA yang dikembangkan oleh Moonton, perusahaan pengelola game asal China. Di Indonesia sendiri game ini begitu banyak diminati oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun. 

Untuk gameplay dalam game ini yaitu dua tim yang saling berlawanan dengan anggota 5 orang dari tiap tim tersebut. Tujuan dari game mobile legen itu sendiri yaitu menghancurkan Turret atau base utama pada tim lawan. Siapa yang bisa menghancurkannya maka dialah pemenangnya. Strategi dan skil dari tiap pemain sangat dibutuhkan agar tim menjadi kuat dan bisa mengalahkan musuh.

Bagi kamu yang sedang atau baru ingin memainkan game Mobile Legend, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips bagi kalian yang masih pemula agar bisa mahir dalam bermain Mobile Legend.


1. Fokus satu hero

Di dalam mobile Legend ada banyak sekali Hero yang bisa kamu pilih untuk dipakai dalam pertempuran. Jika kamu berfikir orang yang jago dan mahir dalam mobile legend adalah orang yang menguasai semua hero maka kamu salah. Memang ada beberapa orang yang bisa menguasai semua hero.

Namun nyatanya kebanyakan pro player pun tidak sepenuhnya menguasai semua hero yang ada pada Mobile legend. Terutama, Jika kamu masih pemula ada baiknya cari hero yang pas denganmu dan fokuslah untuk mempelajari hero tersebut. Kenali tiap skil nya baik itu skil 1, skil 2, ultimate, atau skil pasifnya.


2. Berlatih di mode custom atau classic

Buat kamu yang masih pemula, jangan terlalu memikirkan rank. Fokuslah untuk mengasah skil dengan hero yang kamu pilih dan kamu bisa berlatih pada mode custom atau classic. Jika kamu belum mahir dalam menggunakan satu hero lalu memaksa untuk bermain pada mode ranked maka kamu bisa di kata-katain oleh teman satu tim mu karena itu sangat merugikan mereka. 

Selain itu rank pada akun mu juga akan terus menurun karena terus mendapatkan kekalahan. Untuk menghindari hal tersebut maka cara yang satu ini bisa kamu coba. Untuk kalian yang sering ada kendala dalam konektivitas atau jaringan maka sangat di anjurkan untuk berlatih hero pada mode custom karena  mode kustom bisa dimainkan sekalipun tidak ada konektivitas pada hp mu selama kamu berlatihnya sendiri atau dengan computer. 


3. Pilih satu role

Dari sekian banyaknya hero dikelompokan lagi menjadi beberapa role, yaitu diantaranya marksman, tank, mage, fighter, assassin, dan support. Tiap role memiliki fungsi dang tugas yang berbeda beda. Maka dari itu sesuaikanlah dengan dirimu kalau kamu suka dan cocok dengan role apa. 

Jika kamu menemukan sebuah hero yang enak dimainkan saran saya berlatih lagi hero lain dengan role yang sama agar memudahkan kamu dan bisa lebih cepat dalam menguasainya. Cara ini juga banyak dipakai oleh para top player. Tiap pro player biasanya memiliki role atau hero andalan mereka masing - masing.


4. Atur emosi

Pengendalian emosi dalam game ini sangat penting dan berpengaruh besar dalam menentukan kemenangan tim. Jika kamu kenal dengan salah satu top player mantan dari tim evos yaitu jess no limit cobalah untuk menonton videonya bermain mobile legend di youtube. 

Tak jarang ketika ia bermain mobile legend ia selalu mengucapkan kata “sabar”. Hal tersebut bisa membuktikan kalau kesabaran dalam game ini memang sangatlah penting. Sabar dalam game ini memiliki banyak artian. Bisa sabar saat di ejek musuh, sabar untuk tidak melawan musuh saat kondisi tidak memungkinkan, dan masih banyak lagi. Intinya dalam bermain game ini kamu hanya perlu fokus saja dengan tujuan dan abaikan hal lain yang dapat mengganggu emosimu.


5. Kenali Item-item

Item atau equipment merupakan salah satu hal yang penting ketika bermain dan bisa menentukan kemenangan. Item membantu sebuah hero untuk menjadi lebih kuat dan bisa menghasilkan damage yang besar sehingga bisa mudah untuk membunuh dan mengalahkan lawan. 

Di awal permainan game ini pastinya setiap tim berlomba untuk mengumpulkan uang yang banyak agar bisa membeli item lebih banyak dibandingkan musuh. Semakin unggul item yang dimiliki maka akan semakin besar peluang kemenangan sebuah tim saat war. Namun untuk kamu yang pemula ada baiknya untuk mengenali item-item tersebut terlebih dahulu. Ada banyak sekali item yang tersedia dan pastinya setiap item memiliki fungsi yang berbeda sesuai kebutuhan dari jenis hero yang kamu mainkan.


6. Kenali spel

Pemilihan spel dalam mobile legend tidak kalah pentingnya dengan equipment. Spel bisa dibilang senjata tambahan yang dapat membantu kamu ketika war dengan musuh. Untuk saat ini jumlah spel yang ada dalam mobile legend yaitu 12. 

Ada yang dapet membantumu saat junggling, Membantumu untuk kabur dari kejaran musuh, membantu memulihkan hp, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang masih pemula sangat penting untuk memahami fungsi dari setiap spel agar bisa menggunakannya secara tepat.


7. Upgrade emblem

Selain equipment dan spel, komponen lainnya yang tidak kalah penting yaitu emblem. Emblem dapat membuat sebuah hero bertambah kuat sesuai dengan level emblem itu sendiri. semakin tinggi level emblem yang kamu pakai, semakin besar juga kekuatan yang kamu dapatkan. Emblem terdiri dari beberapa macam sesuai dengan role yang ada. 

Misalkan emblem assassin dipakai untuk hero jenis assassin, emblem mage dipakai untuk mage, dan seterusnya. Maka dari itu buat kamu yang pemula ada baiknya untuk terus berusaha mengupgrade level emblem yang kamu punya sesuai hero andalan yang kamu pilih. Misalkan kamu suka dengan hero assassin, ada baiknya untuk fokus mengupgrade emblem assassin saja. 


8. Bermain dengan teman

Untuk kamu yang pemula sangat disarankan sekali bermain atau berlatih dengan seorang teman yang sudah lebih mahir. Sebenarnya bermain dengan teman yang sesama pemula juga tidak masalah, cuman bermain dengan teman yang sudah memiliki pengalaman dalam mobile legend akan lebih baik dan lebih cepat pemahaman kamu dalam bermain game mobile legend. 

Hal ini terjadi karena ketika bermain dengan seorang teman secara tidak langsung dia akan menggurui dan pastinya memberikan tips-tips kecil yang dapat membantu ketika bermain mobile legend. 


9. Jangan Serakah

Jika kamu berperan sebagai hero core pastinya membutuhkan sebuah buff atau koin yang lebih banyak ketimbang hero lainnya. Bagi kalian yang belum tau, hero core merupakan hero yang dapat menghasilkan damage besar ke lawan. Hero core biasanya berasal dari role marksman atau assassin. Biasanya hal ini sering dilakukan oleh para pemula. 

Meskipun membutuhkan buff dan koin yang cukup banyak namun ada baiknya untuk memperhatikan teman yang sama-sama memakai hero core dan berbagi buff dengan mereka agar kekuatan dalam tim rata dan tidak bergantung pada satu orang saja. Namun beda ceritanya ketika dalam satu tim cuman kamu yang memakai hero core.


Berlatihlah sesering mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk membentuk tim agar kemenangan mudah diraih bersama. Ingat kata RRQ Xinn, "Kalo mainnya solo, kapan jadi pro player ya, kepala pusing yang ada". 

Posting Komentar untuk "9 Langkah Berlatih Mobile Legends Agar Menjadi Pro Player"