Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Dampak Negatif Jika Terlalu Sering Dikerok


Kerokan bagi orang Indonesia sudah lumrah dilakukan. Biasanya, kerokan diberikan kepada orang yang sedang memiliki tubuh kurang fit. Kerokan diyakini menjadi alternatif pengobatan pertama pada orang yang kurang fit. Memang, setelah kita mendapatkan kerokan badan akan terasa lebih bugaran. Seperti yang dikutip dari Halodoc.com, dari sisi medis kerokan dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan.

Menurut para dokter, gosokan koin yang diberikan pada tubuh dapat membuat suhu tubuh meningkat dan badan terasa lebih hangat. Suhu tubuh yang lebih hangat, dapat membantu melancarkan peredaran darah pada tubuh. Hal ini dikarenakan, pembuluh darah dalam tubuh melebar yang diakibatkan oleh suhu tubuh yang memanas. Dalam bahasa medis, kejadian ini disebut oksigenasi.

Tapi apakah kalian tahu dampak lain dari kerokan? Menurut dokter, kerokan dapat mengakibatkan pori-pori kulit menjadi terbuka dan sangat rentan terkena bakteri maupun virus. Dengan kata lain, jika kita lebih sering mendapatkan kerokan, tubuh akan sangat rentan terkena bakteri maupun virus lainnya. Hal ini akan memperburuk keadaan tubuh kita.

Iritasi kulit

Gerakan kerokan yang dilakukan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Hal ini disebabkan oleh gesekan dari koin yang diberikan pada bagian kulit secara terus menerus. Jika hal ini terus berlanjut atau terlalu sering dilakukan, dapat mengganggu kesehatan kulit. Terkikisnya kulit dapat mempermudah kuman masuk kedalam tubuh.

Badan yang berubah berwarna merah saat dikerok, itu terjadi karena terjadinya pendarahan kecil. Tidak jarang, jika yang lebih parah dari ini akan berubah menjadi berwarna biru yang mengakibatkan pecahnya kapiler darah yang berukuran lebih besar.

Alergi

Selain iritasi, kerokan juga dapat menyebabkan alergi. Alergi ini bisa diakibatkan oleh koin yang digunakan untuk mengerok, atau bisa juga diakibatkan oleh iritasi pada kulit. Setiap manusia akan berdampak alergi yang berbeda-beda. Ada yang muncul bintik-bintik, hingga menimbulkan luka yang sedikit serius.

Stroke

Menurut para ahli, terdapat anggapan bahwa terlalu sering di kerok dapat menyebabkan stroke. Hal ini dikarenakan melebarnya pori-pori kulit saat setelah terjadinya kerokan. Tak hanya itu ini juga akan berdampak pada melebarnya pembuluh darah dan akan mengakibatkan pecahnya pembuluh darah jika dilakukan secara terus menerus. Oleh Karna itu, jika pembuluh darah pecah, maka otak akan mendapatkan pasokan darah yang rendah dan akan memicu terjadinya stroke.


Ketagihan

Dari semua efek samping yang dapat kita terima dari kerokan, yang paling berbahaya adalah ketagihan. Saat kulit mendapatkan kerokan, pori-pori pada kulit akan melebar dengan signifikat. Jika tubuh mendapatkan kerokan yang berlebih, kemungkinan pori-pori kulit akan terbuka lebar dan akan mengakibatkan peradangan. Selain itu, peradangan pada kulit yang memerah akan menjadi gerbang virus ataupun bakteri untuk masuk kedalam tubuh dengan sangat mudah.

Tidak hanya itu, kondisi ini dapat diperparah jika alat kerokan kotor atau kurang bersih. Bisa saja, virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh disebabkan oleh alat kerokan yang kotor tersebut. Hal tersebut akan menimbulkan masalah kesehatan yang baru. 

Memang, kerokan dapat memberikan sensasi yang nyaman bagi tubuh. Hal tersebut diakibatkan oleh meningkatnya sirkulasi darah yang membuat badan terasa lebih segaran. Akan tetapi, seperti yang telah dijelaskan diatas. Kulit yang dikerok akan menyebabkan peradangan yang akan mengakibatkan efek lebih lanjut. Peradangan itulah yang kurang baik untuk kondisi tubuh dan wajib kita hindari. 

Sebagian orang memang menganggap kerokan adalah jalan terbaik untuk pengobatan badan yang kurang fit. Akan tetapi kerokan harus kita hindari karna efeknya akan lebih buruk dari sebelumnya. Anda dapat mengganti metode kerokan dengan pemijatan lembut menggunakan minyak hangat. Oleh dokter, kerokan memanglah tidak dilarang. Akan tetapi, mengurangi kerokan lebih baik untuk menghindari resiko-resiko negatif lainnya.

Untuk mengetahui info kesehatan lainnya, silahkan kunjungi www.mangido.xyz.

Posting Komentar untuk "Inilah Dampak Negatif Jika Terlalu Sering Dikerok"