Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 Nilai Nilai Karakter Yang Wajib Diterapkan Di Kehidupan Sehari Hari Agar Mendapat Kesuksesan

18 Nilai Nilai Karakter Yang Wajib Diterapkan Di Kehidupan Sehari Hari Agar Mendapat Kesuksesan
Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan yang di dalamnya terdapat usaha untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang diperuntukkan untuk generasi muda. Tujuannya yaitu untuk membentuk seseorang guna memiliki karakter dan akhlak mulia.

Berdasarkan pada Pusat Kurikulum Depdiknas (2010) bahwa setidaknya terdapat 18 nilai pendidikan karakter yang wajib ditanamkan pada diri seseorang. Dengan pendidikan karakter diharapkan peserta didik secara mandiri dapat meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, serta mempelajari dan menghayati nilai-nilai pendidikan karakter sehingga terwujud ke dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini pemaparan mengenai penerapan nilai-nilai dalam pendidikan karakter di kehidupan.

1. Religius

Religius merupakan sikap dan prilaku yang bersangkutan dengan hal-hal spiritual atau patuh terhadap ajaran agama yang dianutnya. Masyakat Indonesia merupakan masyarakat beragama. Oleh karena itu, dalam kehidupannya baik secara individu maupun kelompok selalu didasari pada ajaran agama. Seseorang dapat disebut religius ketika ia berusaha dalam mendekatkan diri kepada Tuhan dan patuh terhadap ajaran agama yang dianutnya. Atas hal itulah yang membuat nilai-nilai pendidikan karakter didasarkan pada nilai-nilai agama.

Contoh dari penerapan nilai religius di dalam kehidupan, yaitu: selalu berdoa dan bersyukur atas nikmat yang diberikan, melaksanakan kegiatan di mushala atau masjid, merayakan hari raya keagamaan sesuai dengan agamanya masing-masing, melakukan kegiatan keagamaan sesuai dengan agamanya, toleran terhadap agama lain, dan hidup rukun dengan orang yang berbeda agama.

 2. Jujur

Jujur merupakan perilaku yang didasarkan pada upaya untuk menjadi orang yang selalu dapat dipercaya baik dalam ucapan maupun tindakan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) jujur diartikan sebagai lurus hati, tidak berbohong, tidak curang, tulus ikhlas. Sedangkan kejujuran merupakan sifat jujur, ketulusan (hati), kelurusan (hati). Oleh karena itu pengertian jujur atau kejujuran adalah tidak berbohong dengan berkata atau memberikan informasi sesuai dengan kenyataan.

Orang yang jujur akan menyatakan hal apapun apa adanya, konsisten antara yang diucapkan dan dilakukan, sehingga orang yang jujur dapat dipercaya (amanah) oleh orang lain. Dalam menumbuhkan nilai kejujuran pada anak, peran orangtua dan guru sangat penting. Karena orangtua dan guru merupakan orang yang paling dekat dan paling mempengaruhi pertumbuhan anak. 

Orangtua harus memberikan contoh atau panutan terhadap anak-anaknya dalam menerapkan nilai kejujuran di lingkungan keluarga. Sedangkan peran guru di sekolah salah satunya adalah dengan membuat program kantin jujur. Kantin jujur merupakan tempat untuk menjual berbagai minuman dan makanan tanpa ada yang menjaga. Sehingga peserta didik dapat mengambil makanan dan membayarnya sesuai dengan harga yang tertera. 

Hal ini dapat menumbuhkan nilai kejujuran pada diri siswa. Selain itu, guru juga dapat memberikan ajaran-ajaran mengenai arti dan manfaat kejujuran kepada peserta didik.

 3. Toleransi

Toleransi merupakan cerminan dari sikap hormat, yang ditunjukkan kepada orang lain. Sikap tersebut muncul karena terdapat suatu perbedaan dengan orang lain, baik itu berbeda dalam agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan. 

Sikap yang di lakukan terhadap perbedaan tersebut adalah dengan menghargai dan menghormatinya. Sehingga di dalam toleransi kita tidak dapat memaksakan kehendak kita kepada orang lain, melainkan kita harus menghormatinya dan mengakui perbedaaan dengan mengambil sikap positif.

Contoh penerapan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari yaitu, di dalam masyarakat kita harus saling menghormati antar umat beragama dengan membiarkan pemeluk agama lain dapat beribadah dengan tenang dan nyaman, di dalam sekolah kita harus saling menghargai dan menghormati sesama pelajar dengan tidak membeda-bedakan teman yang satu dengan yang lainnya, dan lain-lain. 

4. Disiplin

Disiplin merupakan suatu sikap, perilaku dan perbuatan yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban pada berbagai ketentuan dan peraturan. Disiplin sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Karena disiplin menjadi syarat yang harus dipenuhi dalam membentuk sikap, perilaku, dan tata kehidupan yang akan mengantarkan seseorang sukses.  

Oleh karena itu disiplin merupakan salah satu nilai yang sudah diajarkan sejak kecil. Tetapi masih ada sebagian orang yang belum menerapkan nilai disiplin ini. Seperti telat menuju kelas/kantor, melanggar aturan sosial, membuang sampah sembarangan dan masih banyak lagi perilaku yang menunjukkan perilaku tidak disiplin.

Dalam menerapkan nilai disiplin dalam kehidupan, kita harus memulainya dengan niat. Tanpa niat segala hal apapun takkan terjadi, begitu pun dengan menerapkan nilai disiplin. Kita harus sadar bahwa jika ingin hidup sukses, disiplin merupakan sifat yang harus kita miliki. Kita harus mematuhi segala aturan yang ada baik aturan sosial maupun dalam hal keagamaan. Walaupun berat, tetapi kita harus melaksanakannya, sedikit demi sedikit. Teruslah berlatih dalam menerapkan nilai disiplin. Hilangkanlah rasa malas, sebab malas merupakan penghambat dalam menerapkan sikap disiplin.

5. Kerja Keras

Kerja keras merupakan usaha maksimal baik dalam memenuhi kebutuhan dunia maupun akhirat. Kerja keras juga dapat dikatakan sebagai upaya yang kuat dalam meraih tujuan dan cita-citanya. 

Contoh penerapan kerja keras dalam kehidupan sehari-hari yaitu bersungguh-sungguh dalam mencari rezeki yang halal, tidak mudah putus asa dalam berbagai hal, segera menyelesaikan pekerjaan atau tidak menunda-nundanya, bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan lain-lain.

 6. Kreatif

Kreatif merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang biasa menjadi tidak biasa atau menciptakan keunikan yang membuat sesuatu menjadi menarik. Dalam menjadi orang yang kreatif memang tidak instan, dibutuhkannya waktu dan pengalaman. Untuk menjadi kreatif yang dibutuhkan adalah melihat sesuatu cara baru atau perspektif yang berbeda dan menghasilkan alternatif baru dengan yang unik atau menarik.

Contoh untuk menjadi pribadi yang kreatif adalah berkomunikasi dengan banyak orang, karena berkomunikasi memungkinkan kita akan mendapatkan ide-ide baru yang tidak dibayangkan. Selain itu kita harus sering membaca terhadap berbagai macam hal. Dengan begitu akan banyak sekali pengetahuan dan wawasan yang diperoleh, sehingga akan meningkatkan daya kreatifitas kita.

 7. Mandiri

Mandiri merupakan sikap yang tidak tergantung terhadap orang lain baik dalam menyelesaikan tugas atau melakukan pekerjaan. Setiap orang harus mempunyai sikap mandiri. Sebab dalam kehidupan setiap orang dituntut untuk memenuhi kehidupannya sendiri. Jangan selalu bergantung terhadap orang lain. Menjadi orang yang mandiri tidak akan terwujud bila tidak mempunyai sikap-sikap mandiri. 

Pribadi yang mempunyai sikap mandiri memiliki beberapa karakteristik, yaitu; sikap mental yang baik, memiliki keberanian, menikmati proses, memiliki rasa tanggung jawab, mempunyai inisiatif, percaya diri, berani bersaing, dan ulet dalam kemajuan. Untuk itu dalam menjadi pribadi yang mandiri, kita harus memiliki sikap-sikap mandiri tersebut.

8. Deemokratis

Demokratis merupakan cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai secara sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. Penerapan nilai demokratis dalam kehidupan sehari-hari adalah menjadi orang yang memiliki sifat terbuka, baik dalam menerima ide, saran, maupun kritik; mengambil keputusan secara bersam-sama, tidak boleh sepihak; bijaksana dalam menghadapi masalah dan mau bekerja sama.

9. Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih luas dan mendalam dari sesuatu yang dipelajari, didengar, dan dilihat. Rasa ingin tahu pada setiap orang sangatlah penting. Semua ilmuan besar dan para jenius adalah orang-orang yang penuh rasa ingin tahu. Sebut saja Albert Einstein, Leonardo Da Vinci, Nicolas Tesla adalah orang-orang besar yang hidup dengan rasa ingin tahu.

Rasa ingin tahu manusia sudah terlihat semenjak awal kelahiran. Seorang bayi sudah memperlihatkan keinginannya untuk mengetahui lingkungan sekitar mereka, begitu juga dengan tingkah lakunya yang menunjukkan penguasaan lingkungan, diantaranya saat berguling, duduk, berjalan, dan berbicara.

Perkembangan rasa ingin tahu dipengaruhi oleh pertambahan usia dan pengalaman. Setiap manusia memiliki rasa ingin ketahuan terhadap sesuatu. Dengan adanya rasa ingin tahu setiap orang akan mempunyai keinginan untuk belajar dan tidak mudah tertipu oleh informasi yang keliru. Sebaliknya ia akan bertanya, dengan mencari tahu kebenarannya di balik setiap fenomena yang terjadi.

 10. Semangat Kebangsaan

Semangat kebangsaan merupakan cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi dan kelompoknya. Seseorang yang memiliki semangat kebangsaan pasti memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme.

Nasionalisme merupakan perasaan cinta dan bangga terhadap tanah air dan bangsanya, tanpa memandang rendah bangsa atau negara lain. Sedangkan patriotisme merupakan paham tentang kecintaan pada tanah air.

Penerapan semangat kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu melakukan upacara di hari senin dan hari-hari besar nasional, menyelenggarakan peringatan hari pahlawan, melakukan kunjungan ke tempat bersejarah, menghormati dan memelihara tempat bersejarah, menghargai jasa pahlawan, peduli terhadap nama baik bangsa dan negara, dan masih banyak lagi penerapan semangat kebangsaan di kehidupan sehari-hari.

 11. Cinta Tanah Air

Cinta tanah air merupakan rasa kebangsaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati, dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat tinggal. Cinta tanah air merupakan wujud dari sila Persatuan Indonesia yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari di keluarga, sekolah, dan masyarakat. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam membela negara. 

Kesadaran cinta tanah air pada hakikatnya berbakti kepada negara. Oleh karena itu dalam penerapan cinta tanah air dalam kehidupan diwujudkan dengan mengamalkan nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari. Seperti bangga sebagai warga negara bangsa Indonesia, melakukan upacara setiap hari senin dan hari-hari besar, memakai produk buatan negeri, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, peduli terhadap rusaknya lingkungan dan masih banyak lagi.

 12. Menghargai Prestasi

Menghargai prestasi adalah sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. Menghargai hasil karya orang lain maksudnya menghormati hasil usaha, ciptaan, dan pemikiran orang tersebut. Sikap menghargai prestasi merupakan sikap sikap yang terpuji. Karena dengan sikap tersebut kehidupan akan berjalan damai dan tenteram sebab setiap orang akan menyadari betapa pentingnya saling menghargai dan menghormati. 

Contoh perilaku yang mencerminkan menghargai prestasi adalah memberikan komentar yang positif terhadap karya sesama, memberikan masukan dan kritikan yang membangun jika karya tersebut perlu untuk diperbaiki, menghormati perbedaan prestasi setiap orang, dan masih banyak lagi. Dengan menghargai karya orang lain, maka orang lainpun akan menghargai karya kita.

 13. Bersahabat/komunikatif

Bersahabat/komunikatif adalah tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain, sehingga terjadi pertukaran informasi baik secara tidak langsung maupun langsung. Contoh penerapan dari nilai bersahabat/komunikatif di kehidupan sehari-hari yaitu berkomunikasi dengan bahasa yang santun dan beradab, saling menghargai dan menghormati, tidak berpandangan negatif terhadap orang lain, selalu menegur atau menyapa terhadap orang lain, terbuka terhadap kritik, mengucapkan salam, dan masih banyak lagi.

14. Cinta Damai

Cinta damai merupakan sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghasilkan keberhasilan orang lain. Cinta merupakan suatu perasaan positif yang diberikan kepada manusia atau terhadap benda yang lainnya. Sedangkan damai merupakan sebuah harmoni dalam kehidupan manusia di mana tidak ada perseturuan atau konflik.

Contoh perilaku sehari-hari yang menerapkan cinta damai yaitu menjadi pribadi yang menebarkan kebaikan kepada orang lain, sehingga orang tersebut merasa senang dan aman. Seperti membiasakan perilaku yang penuh kasih sayang, berperilaku anti kekerasan, tidak membuat ujaran kebencian, menciptakan suasana yang harmonis baik di sekolah, rumah, atau tempat bekerja, dan yang lainnya.

15. Gemar Membaca

Gemar membaca merupakan kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebaikan atau pengetahuan bagi dirinya. Dalam arti yang umum membaca merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperkaya pengetahuan dan memperluas pengetahuan yang menyebabkan pengetahuan seseorang bertambah.

Membaca adalah melihat dan memahami apa yang tertulis di dalamnya. Penerapan gemar membaca di kehidupan sehari-hari misalnya, mengunjungi perpustakaan atau taman bacaan, memiliki program baca, membuat rangkuman atau laporan dari bahan bacaan, memiliki target bacaan, dan masih banyak lagi.

 16. Peduli Lingkungan

Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan untuk memelihara lingkungan dan mencegahnya dari kerusakan, sehingga lingkungan akan selalu bersih dan rapi. Kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Maka dari itu kita harus peduli terhadap kelestarian lingkungan. Sikap peduli terhadap lingkungan ditunjukkan dengan adanya penghargaan alam. Penghargaan alam merupakan kesadaran bahwa manusia merupakan bagian dari alam, sehingga mencintai alam juga mencintai kehidupan manusia.

Apabila semua orang mencintai lingkungan hidup, maka setiap orang tidak akan merusaknya dan mengeksploitasi. Sehingga akan tercipta lingkungan yang bermanfaat bagi setiap manusia. Orang yang peduli lingkungan di kehidupan sehari-hari ia akan selalu menjaga kelestarian lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya, tidak membakar sampah, tidak mencorat-coret baik pada bangunan maupun tumbuhan, tidak merusak fasilitas, melaksanakan kegiatan membersihkan lingkungan dan masih banyak lagi.

17.  Peduli Sosial

Peduli merupakan tindakan yang didasari pada keprihatinan terhadap masalah orang lain, sedangkan sosial merupakan segala perilaku manusia yang menggambarkan pada hubungan seseorang dengan masyarakat. Dengan demikian peduli sosial merupakan sikap dan tindakan di mana seseorang terdorong untuk memberikan bantuan terhadap orang lain atau masyarakat dalam mempermudah urusannya.

Implementasi dari peduli sosial sangat mudah dan dapat dilakukan setiap saat, seperti memberikan senyuman kepada orang lain sehingga pihak lain merasa nyaman. Hal ini adalah salah satu contoh perbuatan peduli sosial.

18.  Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran akan kewajibannya terhadap sesuatu (tidak mengabaikan tugas). Setiap manusia harus mempunyai rasa tanggung jawab di dalam dirinya masing-masing. Di mana rasa tanggung jawab tersebut mesti disesuaikan dengan apa yang telah dilakukan. Setiap orang merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat dari baik atau buruk perbuatannya.

Memiliki tanggung jawab adalah ciri manusia yang beradab. Implementasi dari rasa tanggung jawab adalah melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya, melaksanakan tugas sebaik-baiknya, berani menanggung risiko dari perbuatan yang dilakukan, tidak mencari kesalahan orang lain dalam menghadapi permasalahan, dan masih banyak lagi.l

Demikian pemaparan mengenai penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di kehidupan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Sumber www.mangido.xyz.

1 komentar untuk "18 Nilai Nilai Karakter Yang Wajib Diterapkan Di Kehidupan Sehari Hari Agar Mendapat Kesuksesan"

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    BalasHapus