Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Trading dan Investasi Saham? Mana Yang Paling Menguntungkan?

Banyak orang yang masih salah persepsi antara trading dengan investasi saham, hal itu menyebabkan orang-orang takut dengan investasi dan trading saham. Berikut penjesalannya antara perbedaan trading dengan investasi saham :

Investasi saham dan trading saham itu berbeda

Apa Perbedaan Trading dan Investasi Saham? Mana Yang Paling Menguntungkan?
Sumber foto marketbisnis.com
Dilansir dari laman Finansialku, tujuan dari investasi dan trading saham merupakan metode keuagan untuk menambah kekayaan dengan jangka waktu tertentu dengan membeli dan menyimpan.

Titik dasar dari perbedaannya terletak pada jangka waktu, dimana pada investasi fokusnya pada jangka waktu dengan tempo yang panjang sedangkan trading adalah trasaksi jangka pendek.

Hal tersebut membentuk perbedaan pada strategi, prinsip dan tindakan bahka resiko yang digunakan dan diterima untuk memporoleh keuntungan. 

Investasi Saham

Apa Perbedaan Trading dan Investasi Saham? Mana Yang Paling Menguntungkan?
Sumber foto investasi.contan.go.id
Orang yang melakukan investasi saham disebut dengan investor, investasi difinisikan sebagai tindakan akumulasi asset dengan harapan mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang (Masa depan). Dengan kata lain tindakan berinvestasi saham merupakan kegiatan membeli saham kemudian dijual kembali nantinya.

Karena dilakukan dalam jangka waktu yang panjang maka investor akan melakukan analisis dengan melihat kinerja perusaha, kondisi politik di negara tempat perusahaan tersebut  dan saham yang dibeli adalah emiten yang sehat dan berkualitas, selain itu Chandra Putra Negara, Founder Perusahaan Media Success Before 30 juga memberikan tipsnya, sebelum melakukan investasi maka hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu pimpinan dari perusahaan tersebut karena akan berpengaruh pada kinerja) perusahaan tersebut.

Investor dapat dibagi menjadi dua yaitu investor institusi/lembaga (perbankan, perusahaan asuranya dan lainnya) dan investor retail (investor perorangan). Salah satu investor terkenal adalah Warren Buffet.

 Instrumen investasi yang biasa dipilih oleh investor adalah jenis investasi jangka panjang seperti property, industry (besar dan kecil). Selain nilai asset yang akan bertambah, investor juga mengambil keuntungan dari pembagian dividen secara berkala.

Jenis investasi yang memiliki likuiditas rendah merupakan jenis investasi yang biasanya menjadi pilihan investor. Mereka biasanya menggunakan analisis fundamental seperti price-earnings ratio dan ramalan manajemen untuk membantu identifikasi kinerja perusahaan.

Buy and Hold adalah prinsip dasar para investor. Mereka akan menyimpan investsinya dengan jangka waktu lebih dari 3 tahun, bahkan ada yang mengnahannya dalam waktu puluhan tahun. Mereka akan melepaskan sahamnya ketika tujuan mereka telah terpenuhi atau kualitas emiten mulai memburuk.

Investasi saham jangka panjang tentu saja memiliki resiko, berikut beberapa resikonya:

1.      Fluktasi Pasar

Kondisi saham sangat berpengaruh pada sentiment pasar, kondisi ini tidak dapat dihindari oleh investor manapun. Moment fluktuasi pasar sifatnya permanen mengikuti perkembangan sentiment pasar, indicator terjadinya fluktasi pasar adalah :

a.       Ketidak stabilan politik

b.      Perekonomian global dan dalam negara yang tidak seimbang

c.       Konflik dalam negeri

d.      Permasalahn global.

2.      Inflasi

Inflasi juga menjadi indicator resiko pada investasi jangka panjang. Karena kenaikan harga rata-rata menyebabkan menurunya daya beli. Penurunan nilai mata uang berpengaruh pada nilai saham. Menyebabkan investor kehilangan beberapa persen nilai cash pada laporan portofolio.

3.      Reinvestmen

Reinvestmen adalah mimpi buruk bagi investor yang memiliki saham pada perusahaan yang memutuskan untuk mereinvestmen asset keuangan mereka. Fakta  tersebut jelas memberikan resiko kerugian nilai investasi bagi para investor.

Trading Saham

Apa Perbedaan Trading dan Investasi Saham? Mana Yang Paling Menguntungkan?
Orang yang memanfaatkan perubahan harga guna mencari keuntungan/ orang yang melakukan trading disebut dengan trader. Dalam bahasa perdagangan, istilah trading disebut perdangan.

Trading adalah aktivitas yang dilakukan trader dan dapat terjadi pada pasar saham maupun pasar obligasi. Trader melakukan transaki dengan frekuensi yang jauh lebih banyak dibanding investor dengan jangka waktu yang pendek.

Jadi seorang trader akan membeli saham pada harga yang rendah dan jual pada harga yang lebih tinggi. Rentang waktu yang dilakukan biasanya jangka pendek, bisa per 15 menit, 30 menit atau paling lama jangka satu minggu sampai 30 hari.

Jika seorang investor puas dengan tingkat keuntungan 15% setiap tahunnya, seorang trader mencari keuntungan tiap bulannya. Trader memfokuskan strategi mereka pada sentiment dan kondisi pasar dibandingkan performa emiten saham yang mereka beli.

Jika pasar saham sedang mengalami penurunan akibat situasi politik negeri atau ekonomi global, maka seorang trader tidak akan masuk pasar saham sebelum kondisinya kembali normal. Strategi dan rencana seorang trader akan lebih terarah dan jelas karena mereka tidak menahan posisi trading dengan lama. Beberapa strategi ekonomi yang digunakan oleh trader adalah stop loss, target profit dan risk reward ratio.

Prinsip dasar seorang trader adalah buy and sell. Mereka akan selalu memanfaatkan fluktuasi harga untuk mendapatkan keuntungan dari selisih beli jual tersebut. Mereka menggunakan analisis teknikal untuk mengetahui pergerakan harga saham. 

Trader akan membeli saham perusahaan yang memiliki potensi kenaikan harga dalam jangka waktu singkat, saham yang memiliki fluktuasi tinggi merupakan “surga” bagi pada trader biasa disebut dengan saham gorengan.

Layaknya seorang investor, trader juga tereskpos pada risiko trading yaitu, risiko capital loss dimana harga jual lebih rendah dibandingkan harga beli.

Demikian penjelasan dari perbedaan antara trading dan investasi saham, dengan demikian Anda bisa menentukan mana yang lebih cocok untuk Anda. Untuk informasi mengenai info-info bisnis lainnya, anda dapat lihat di www.mangido.xyz.

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Trading dan Investasi Saham? Mana Yang Paling Menguntungkan?"