Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Manfaat Lari Pagi dan Lari Sore Untuk Kesehatan Tubuh

Ini Dia Manfaat Lari Pagi dan Lari Sore Untuk Kesehatan Tubuh
Lari pagi adalah olahraga yang sangat menyehatkan bagi tubuh kita. Bukan hanya menjadikan tubuh lebih sehat, tetapi sistem pernafasan juga akan lebih bersih. Sebab udara yang kita hirup merupakan udara pagi yang masih bersih dan tidak banyak bercampur polusi. 

Olahraga satu ini sangat mudah dilakukan, karena anda tidak membutuhkan peralatan olahraga khusus. Pada dasarnya manfaat lari sangat banyak bagi tubuh, seperti untuk menunjang kesehatan sistem kardiovaskular hingga membantu menghilangkan stres. Berikut ini beberapa manfaat lari pagi dan sore yang perlu anda tau seperti yang dilansir dari www.mangido.xyz.

Manfaat Lari Pagi

Komitmen dan Konsistensi

Jika dibandingkan dengan lari malam, jogging di pagi hari akan lebih memudahkan kita untuk menerapkannya ke depan secara konsisten. Karena di pagi hari masih banyak antusiasme. Anda akan berpikir ulang jika berolahraga di sore hari setelah lelah seharian melakukan rangkaian aktivitas. Anda bisa memanfaatkan malam hari untuk menenangkan pikiran.

Pemandangan dapat Menghilangkan Stres

Bayangkan, jogging saat matahari baru terbit dan mendengar kicau burung, dan keadaan masih cukup sepi. Benar-benar tenang, bukan?. Kondisi ini akan membuat hormon di dalam tubuh yang bertugas melepaskan stres bekerja lebih efektif.

Sinar Matahari Baik

Berlari di pagi hari berarti anda bisa mendapatkan asupan sinar matahari yang baik untuk tubuh. Sinar ultraviolet (UV) di pagi hari membantu tubuh mendapatkan manfaat vitamin D untuk kesehatan yang maksimal.

Meningkatkan Adrenalin

Jika anda membutuhkan motivasi untuk melakukan hal-hal yang berat, cobalah jogging sebelum memulai hari. Hal tersebut dapat menunjang tubuh dalam memproduksi banyak endorfin dan adrenalin, sehingga anda lebih fokus dan waspada dalam menjalankan aktivitas.

Tidur Lebih Baik di Malam Hari

Padahal, lari adalah cara efektif untuk membuat kita tertidur di malam hari. Namun, berolahraga beberapa jam sebelum tidur bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Karena itu akan membuat kita gelisah di malam hari. Dengan berlari subuh, kecemasan tersebut akan jauh terhindarkan dan lebih tenang saat istirahat.

Kebiasaan yang Baik

Jika anda sering membagikan banyak hal yang anda lakukan di media sosial, ini tidak buruk. Terutama hal-hal positif seperti olahraga. Bayangkan, ketika anda membagikan aktivitas olahraga anda di Instagram atau media sosial lainnya. 

Dengan perjuangan bangun pagi hanya untuk berlari dan memperjuangkan kesehatan. Apa yang anda lakukan pada akhirnya akan menjadi kebiasaan dan tanggung jawab, jadi anda berkomitmen untuk melakukannya secara rutin.

Mendukung Gaya Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat merupakan hal yang sulit dilakukan. Namun, dengan anda menjalankan rutin di pagi hari maka peluang mendapatkannya akan semakin besar. Jogging ketika matahari terbit dapat meningkatkan mood kita, juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Lari Sore

Membangun Otot Lebih Baik

Lari sore membangun otot lebih baik daripada lari pagi, jika anda mengikuti program pelatihan ketahanan. Perlu diperhatikan, kadar testosteron dan kortisol memang tinggi di pagi hari, namun efek pembentukan otot testosteron dipengaruhi oleh efek pemborosan otot kortisol. 

Pada sore hari, rasio testosteron terhadap kortisol optimal untuk sintesis protein untuk pertumbuhan otot sebagai respons terhadap latihan ketahanan. Artinya, anda dapat membangun otot yang lebih baik dengan berlari keluar saat matahari terbenam.

Apa Saja Inilah Manfaat Lari Pagi dan Sore bagi Tubuh?

Menghemat Waktu

Olahraga di pagi hari, memang memiliki banyak manfaat. Tetapi jika anda memiliki waktu singkat, atau sekolah yang jauh dari rumah dan membutuhkan waktu tempuh berjam-jam. Ini mungkin sulit dilakukan. Oleh karena itu, ini menjadi lebih ideal untuk berlari di sore hari karena gantinya. Jadi, anda bisa menghindari memulai hari dengan perasaan panik dan selalu terburu-buru.

Menghindari Makan di Malam Hari

Berlari di sore hari membuat anda memiliki banyak energi yang dihasilkan dari makanan yang anda konsumsi sepanjang hari. Anda juga dapat meluangkan waktu untuk makan sebelum siap berlari. Hal yang perlu diingat, sebaiknya jangan makan sebelum melakukan lari. Karena ini bisa mengiritasi atau menyebabkan sakit perut.

Meredakan stres

Beberapa orang mungkin menemukan manfaat lari sore bisa membantu menghilangkan stres akibat pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan dari pagi hingga siang hari. Ini karena selama berolahraga, termasuk berlari, tubuh anda akan memproduksi endorfin. 

Hormon ini berperan penting dalam meredakan tekanan dan kekhawatiran pada diri sendiri sehingga bisa menghilangkan stres. Selain itu, endorfin dapat memicu munculnya energi positif di dalam tubuh. Kebahagiaan dan kepuasan setelah berlari dapat memberikan energi positif dan rasa bahagia dalam menjalankan aktivitas. 

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat lain lari malam yang teratur adalah dapat meningkatkan kualitas tidur anda di malam hari sehingga anda bisa tidur lebih nyenyak. Selain itu, anda juga akan terhindar dari kebiasaan bangun malam. Jika anda sulit tidur di malam hari, berlari mendekati waktu tidur mungkin bisa menjadi pilihan. Namun, pastikan untuk memberikan jeda waktu antara lari dan waktu tidur anda.

Terhindar dari Paparan Sinar Matahari 

Manfaat lari sore berikutnya adalah menghindari paparan sinar matahari. Pasalnya, suhu terik matahari pada sore hari cenderung lebih rendah dibandingkan pada pagi atau siang hari. Dengan begitu, anda akan merasa lebih nyaman saat berlari di malam hari.

Mengurangi Risiko Cedera

Peningkatan suhu tubuh inti dan penyimpanan energi memastikan kekuatan dan fleksibilitas otot mencapai puncaknya di sore hari. Juga, tingkat epinefrin dan norepinefrin mencapai puncaknya pada siang hari. Ini membuat jantung memompa dan mempersiapkan tubuh untuk berlari dengan benar. Selain itu, hormon tersebut juga dapat mengurangi rasa sakit dan memperbaiki mood.

Menghilangkan Rasa Lelah

Berlari sore juga membantu anda melepaskan rasa frustrasi dari hari yang sulit. Lari adalah salah satu terapi terbaik yang bisa kita berikan untuk diri kita sendiri.

Mana yang Lebih Baik?

Hal terpenting dalam olahraga adalah masalah waktu dan aktivitas yang kita jalani sehari-hari. Jadi, lari mana yang lebih baik untuk anda?. Para ahli juga berpendapat bahwa running time terbaik adalah ketika anda benar-benar melakukannya secara konsisten sehingga aktivitas tersebut menjadi rutinitas harian. 

Selain soal waktu, faktor lain juga memengaruhi konsistensi anda dalam berolahraga. Misalnya, lokasi olahraga, jenis olahraga yang anda lakukan, hingga dengan siapa anda melakukannya. Agar tetap termotivasi, pilih jenis olahraga yang anda sukai, seperti, lari, berenang, atau bersepeda sebagai aktivitas fisik harian. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, belum ada penelitian yang membuktikan waktu lari terbaik, baik di pagi maupun sore hari. Namun, saat anda berolahraga atau berlari, hal itu dapat memengaruhi perasaan anda saat melakukannya. Secara keseluruhan, manfaat lari pagi dan sore sama-sama bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

1 komentar untuk "Ini Dia Manfaat Lari Pagi dan Lari Sore Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia, ::))
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile :d
    Whatshapp : +85515373217 :* (f)

    BalasHapus