Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan, Wajib Kamu Ketahui!

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan, Wajib Kamu Ketahui!
Demi menjaga kesehatan saat pandemi Covid-19, banyak orang yang memutuskan untuk bersepeda. Keputusan ini diambil karena berbagai hal, seperti jarak yang jauh hingga sistem pergerakan yang lebih mudah daripada berlari. Lari juga lebih memakan energi dibanding bersepeda, karena bertumpu akan bertumpu pada paha. 

Tingginya minat tersebut rupanya didasari oleh berbagai manfaat bersepeda yang dapat kita rasakan. Setelah melakukan karantina sendiri atau penguncian, aktivitas bersepeda dapat menjangkau jarak yang lebih jauh. Tingkat stres akan berkurang saat bersepeda sambil melihat kondisi lapangan di sekitarnya.

Tak hanya itu, banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari bersepeda. Bersepeda memiliki beragam manfaat lain selain kesehatan. Kegiatan bersepeda yang menyenangkan juga memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan organ tubuh. Seperti dilansir dari www.mangido.xyz, bersepeda juga memberikan manfaat bagi kesehatan, antara lain.

Meminimalkan Resiko Diabetes

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan masyarakat yang serius. Kurangnya aktivitas fisik adalah alasan utama diabetes terus meningkat setiap saat. Penelitian dari Finlandia menunjukkan bahwa bersepeda 30 menit per hari dapat menurunkan resiko diabetes hingga 40 persen. Diabetes memang mimpi buruk bagi semua orang.

Namun, anda bisa menurunkan tingkat resiko penyakit ini dengan bersepeda. Diabetes tipe 2 meningkat menjadi perhatian khusus bagi institusi kesehatan. Salah satu penyebab tingginya angka diabetes adalah kurangnya aktivitas fisik dan menjadi penyebab utama terjadinya penyakit ini. Bersepeda selama 30 menit per hari dapat menurunkan 40 persen resiko diabetes.

Menjaga Kesehatan Mental

Bersepeda dapat mencegah kesehatan mental, semisal depresi, stre. Hal ini, karena olahraga bersepeda mempunyai efek yang sama dengan rekreasi, yakni dapat memicu kebahagiaan dan semangat kita akan semakin bertambah.

Bagus Untuk Sendi

Sendi merupakan pertemuan antara satu bagian tulang dengan bagian lainnya. Saat bersepeda dan duduk, titik tumpu akan berada di persendian. Berbeda dengan lari yang memiliki tumpuan di kaki. Mengendarai sepeda akan merangsang gerakan pada persendian. Bersepeda baik untuk siapa saja yang memiliki riwayat penyakit sendi atau nyeri terkait usia. 

Ada banyak persendian yang melibatkan bersepeda, salah satunya adalah lutut. Penopang ini juga menggunakan otot paha sebagai kekuatan gerakan sendi utama. Selain otot, persendian di lengan dan kaki juga aktif. Siku, lutut, pergelangan kaki dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang otomatis bekerja saat bersepeda. Gerakan sendi yang baik akan membuatnya lebih fleksibel.

Mengurangi Tingkat Stres

Stres merupakan salah satu masalah yang dihadapi banyak orang, baik karena aktivitas, masalah, maupun aktivitas yang mereka hadapi sehari-hari. Ternyata bersepeda tidak hanya bermanfaat bagi fisik, tapi psikologis. Otak memang memiliki andil besar dalam menyebabkan suatu penyakit. 

Entah karena tubuh sehat karena banyak pikiran, atau terlalu banyak ikut dalam aktivitas tertentu. Tubuh anda akan menghasilkan hormon dopamin yang berfungsi meningkatkan kebahagiaan saat bersepeda dan menurunkan tingkat stres atau bahkan depresi.

Apa Saja Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh?

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ vital bagi manusia, apalagi jika bukan tugasnya sebagai pemompa oksigen dan darah ke seluruh organ tubuh. Bersepeda secara konsisten, bisa menjaga kinerja jantung, paru-paru, serta dapat melancarkan peredaran darah. Bersepeda juga dapat memperkuat otot jantung dan menurunkan kadar lemak dalam darah.

Orang yang bersepeda secara teratur memiliki resiko penyakit jantung di hari tua. Jantung sendiri akan terangsang dengan aktivitas olahraga salah satunya bersepeda secara rutin. Tidak butuh waktu lama, ternyata 30 menit sudah lebih dari cukup untuk menjaga kualitas organ vital tersebut.

Mengontrol Berat Badan

Berat badan penting untuk menghindari berbagai resiko yang mengikutinya, seperti obesitas. Bersepeda dapat membakar lemak tubuh, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan massa otot. Olahraga ini cocok bagi anda yang ingin mempunyai badan ideal dengan cara alami.

Memperbaiki Kardiovaskular

Bersepeda merupakan salah satu olahraga kardio. Karena dengan bersepeda maka kinerja jantung, paru-paru dan sistem peredaran darah akan meningkat. Jadi, olahraga ini dapat mencegah terjadinya penyakit jantung di kemudian hari.

Tingkatkan Kekuatan Otot

Hampir semua anggota tubuh dan otot yang terlibat saat anda berseped. Oleh karena itu, jika ini dilakukan secara rutin. Maka salah satu hasilnya adalah otot yang kuat dan lentur, juga melatih keseimbangan tubuh. Manfaat ini dapat kita rasakan di hari ini dan untuk jangka panjang, jika kita berolahraga dengan konsisten.

Mengurangi Resiko Penyakit Lain

Aktivitas fisik secara teratur melalui bersepeda baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif adalah berkurangnya resiko terkena diabetes. Ini terkait dengan produksi insulin yang stabil oleh tubuh yang aktif. Bersepeda juga dapat menurunkan resiko terkena kanker, terutama kanker usus besar.

Tips Aman dan Nyaman Bersepeda

Banyak sekali manfaat bersepeda yang bisa anda nikmati. Agar manfaat bersepeda lebih maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bersepeda. Salah satunya adalah faktor keamanan. Namun, keselamatan bersepeda adalah wajib. Terlepas dari keamanannya, manfaat bersepeda bisa terbuang percuma. Untuk itu, perhatikan tips aman dan nyaman ini.

Periksa Sepeda Anda

Sebelum bersepeda, pastikan anda memeriksa semua komponen, mulai dari rem hingga kondisi ban. Membiarkan bagian mana pun dari sepeda anda tidak dapat dioperasikan dapat menimbulkan resiko cedera.

Kenakan Pelindung Kepala, Siku, dan Lutut

Kepala, siku, dan lutut merupakan bagian tubuh yang rawan cedera jika terjatuh. Pastikan anda melindungi ketiganya agar jika terjatuh, efeknya tidak terlalu fatal.

Pastikan Anda Terlihat

anda mungkin sedang bersepeda di jalan umum dan dalam kondisi gelap. Karenanya, pastikan anda bisa dilihat oleh pengguna kendaraan lain saat bersepeda. Pasang lampu dan gunakan pakaian yang berwarna cerah.

Pertahankan Sikap Mengemudi

Bersepeda tetap harus memperhatikan pengguna jalan lainnya, baik pengguna kendaraan bermotor maupun pejalan kaki. Jika jalan tidak menyediakan jalur khusus sepeda, jangan ambil hak pejalan kaki. Pastikan anda selalu memberi tanda kepada pengguna jalan lain saat mereka akan berbelok atau berhenti. 

Jangan lakukan secara tiba-tiba karena dapat membahayakan anda dan pengguna jalan lainnya. Tentunya, patuhi rambu lalu lintas yang berlaku. Jika sepeda anda sudah siap untuk bertempur, maka nikmati berbagai manfaat bersepeda yang bisa didapatkan dari pukulan pertama. Bagi anda yang sedang menjalani program diet atau ingin menurunkan berat badan, bersepeda merupakan aktivitas yang bermanfaat dan mendukung program diet anda. 

Aktivitas kardio ini mampu membakar kalori berlebih dan menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Kombinasi bersepeda teratur dan diet sehat dapat meningkatkan kinerja organ tubuh. Kalori berlebih bisa dibakar melalui aktivitas bersepeda. Padahal, bersepeda 30 menit sehari bisa membakar hampir 5 pon lemak secara rutin. Sekian ulasan tentang manfaat bersepeda, semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan, Wajib Kamu Ketahui!"

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia, ::))
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile :d
    Whatshapp : +85515373217 :* (f)

    BalasHapus