Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahraga yang Dapat Menambah Imunitas Tubuh Agar Terhindar dari Virus Covid-19

Olahraga yang Dapat Menambah Imunitas Tubuh Agar Terhindar dari Virus Covid-19
Pemerintah mulai menyerukan berbagai upaya social distancing seiring merebaknya virus covid-19 pada saat ini. Dalam penerapan social distancing, masyarakat diimbau untuk menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain dan menghindari keramaian atau pertemuan. 

Dengan seruan ini, diharapkan dapat menekan jumlah orang yang terjangkit COVID-19. Dengan seruan social distancing, tentunya aktivitas kebanyakan orang juga akan semakin terbatas. Mulai dari pekerjaan, sekolah, hingga pelaksanaan ibadah dianjurkan dilakukan di rumah. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan tentang tips menjaga kesehatan di rumah.

Hal ini juga mengakibatkan sebagian besar waktu kita akan dihabiskan di dalam ruangan. Menjaga kesehatan tubuh diperlukan olahraga yang teratur, meskipun jadwal anda sangat sibuk, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Rumah dapat menjadi tempat yang tepat untuk melakukan olahraga. 

Selain melakukan aktivitas harian, seperti bersih-bersih, memasak dan lainnya. Kita juga dapat melakukan aktivitas dengan berbagai jenis olahraga ringan di rumah. Meski di dalam ruangan kita tetap bisa berolahraga ringan, agar tubuh tetap sehat dan bugar. Berikut ini kami bagikan jenis olahraga ringan yang dapat anda lakukan di rumah, seperti yang dilansir dari situs www.mangido.xyz.

Melakukan Push Up

Jenis olahraga ringan yang pertama adalah push up. Olahraga ini hanya butuh tempat yang sesuai dengan ukuran tubuh kita. Selain bisa membentuk lengan, push up yang dilakukan secara rutin juga bisa mengurangi dan mengobati sakit punggung. Latihan ringan ini juga salah satu cara untuk membentuk otot. Dalam melakukannya juga dengan berbagai macam gerakan.

Selain gerakan push up yang biasa, ada juga T Push Up. T Push Up ini berfokus pada dada, lengan, perut, dan paha. Gerakan ini dimulai dengan posisi push-up normal, lalu angkat lengan kanan ke atas dan putar tubuh anda sepenuhnya ke kanan. Namun posisi pinggul dan kaki ditahan selama dua hitungan dan kemudian kembali ke posisi push up seperti biasa.

Kemudian kita juga bisa mencoba gerakan Dive-Bomber Push Up. Dalam Dive-Bomber Push-Up, gerakan akan fokus pada bahu, dada, lengan, perut, punggung, dan paha belakang. Gerakan pertama dimulai dengan wajah menghadap ke bawah seperti anjing dengan lengan terentang lebih lebar dari bahu. Angkat pinggul anda tinggi-tinggi lalu geser kepala anda di antara kedua lengan hingga punggung anda melengkung dan wajah anda menghadap langit-langit.

Untuk wanita bisa push up dengan lutut sebagai penopang tubuh. Untuk melakukannya, anda perlu menjadikan lutut sebagai penopang, lalu menurunkan tubuh anda seperti pola push-up. Dengan lutut sebagai penopang, kami memiliki lebih banyak keseimbangan sehingga lebih mudah dilakukan.

Olahraga Sit Up

Tak jauh berbeda dengan push up, sit up juga merupakan jenis olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak ruang. Gerakan sit up berfokus pada pembentukan otot perut. Selain itu, salah satu manfaat lain yang bisa didapat dari olahraga ini adalah dapat mengurangi cedera punggung, menjaga keseimbangan tubuh, dan meningkatkan kelenturan tubuh.

Sit up juga bisa dilakukan dengan berbagai gerakan berbeda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan sit-up secara teratur, berbaring telentang dengan lutut ditekuk, lalu angkat tubuh bagian atas ke arah paha.

anda juga bisa melakukan gerakan V Sit Up. Gerakan ini dimulai dengan tidur telentang dengan kaki lurus dan lengan terentang di atas kepala. Kemudian angkat kedua tangan dan kaki ke atas dan tahan posisi tersebut selama 5 detik. Setelah itu, perlahan turunkan kaki dan tangan anda. Anda juga harus mengukur gerakan yang sesuai dengan kemampuan kita. Jangan sampai kita terluka karena kita terlalu banyak mendorong tubuh kita.

Olahraga Yoga

Jenis olahraga ringan selanjutnya adalah yoga. Olahraga ini menjadi pilihan favorit yang bisa dilakukan di rumah. Gerakan-gerakan dalam yoga dapat meningkatkan kelenturan dan keseimbangan tubuh. Selain itu, salah satu manfaat yoga adalah dapat membuat kita lebih tenang, mengurangi stres dan depresi.

Tidak perlu melakukan gerakan yang rumit. Lakukan saja gerakan-gerakan yang mudah dan sederhana untuk menghindari resiko cedera. Beberapa gerakan mudah dari yoga yang bisa kita lakukan adalah pose melukis, pose kobra, atau pose anak.

Olahraga Skipping

Kita bisa tetap berkeringat bahkan di rumah dengan melakukan latihan ini. Olahraga ini bukan hanya dapat melatih detak jantung, tapi juga dapat bermanfaat membakar kalori dengan intensif. Selain itu, lompat tali dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Lompat tali rutin bisa membakar 13 kalori setiap menitnya.

Skipping ini juga memiliki banyak variasi dalam pergerakannya. Jika anda ingin mendapatkan perut anda, lakukan beberapa skipping sambil melompat dengan mengangkat kaki di bawah pusar. Atau bisa juga melatih otot betis dan lengan dengan cara memutar tali dua kali menjadi satu lom patan.

Squat Jump

Jenis olahraga ringan ini mudah dilakukan di rumah karena satu-satunya gerakan yang anda lakukan hanyalah berdiri dan jongkok. Fokus latihan ini adalah membangun kekuatan pada tubuh bagian bawah. Meski terlihat berat, banyak manfaat yang bisa didapat dari olahraga ini. 

Selain memperkuat otot tubuh bagian bawah, squat secara teratur dapat meningkatkan fleksibilitas dan membakar kalori. Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan aliran atau sirkulasi darah ke seluruh tubuh dengan baik. Sehingga distribusi nutrisi dan oksigen akan berlangsung dengan optimal.

Naik Turun Tangga

Bagi yang memiliki rumah dua lantai, jenis senam ringan ini bisa menjadi pilihan sebagai senam rumahan. Caranya sangat mudah, karena yang kita lakukan hanya menaiki dan menuruni tangga beberapa kali. Tidak perlu memaksakan diri jika baru pertama kali mencobanya. Lakukan saja latihan ini selama 10-15 menit. 

Jika latihan ini dilakukan secara rutin maka akan sangat bermanfaat dalam pembakaran kalori. Bahkan anda juga bisa jalan-jalan santai namun, tidak harus di luar ruangan. Anda juga bisa berjalan-jalan di koridor atau halaman. 

Naik Turun Tangga dan Kursi

Bagi yang rumahnya yang bukan 2 lantai, anda bisa melakukan olahraga ringan yang sama dengan olahraga naik turun tangga ini. Seperti, tangga bisa diganti dengan kursi, caranya mirip dengan senam naik turun tangga, yaitu dengan naik dan turun kursi. 

Namun, pilih kursi yang kuat untuk menopang tubuh dalam waktu lama. Selain itu, ketinggian kursi juga harus diperhatikan. Sesuaikan ketinggian kursi dengan kemampuan tubuh kita. Dan juga, lakukan olahraga ini tanpa sepatu, karena takut licin dan membuat anda terjatuh. 

Pada dasarnya tidak perlu memiliki peralatan yang mahal untuk berolahraga. Dengan memanfaatkan perlatan seadanya, nyatanya anda dapat melakukan olahraga dengan baik. Sekian ulasan tentang tips menjaga kesehatan dengan olahraga di rumah, semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Olahraga yang Dapat Menambah Imunitas Tubuh Agar Terhindar dari Virus Covid-19"

  1. Numpang promo ya Admin^^ (f)
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^ x-)

    BalasHapus