Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Burung Kenari agar Tetap Hidup

Tips Merawat Burung Kenari agar Tetap Hidup
Tips Merawat Burung Kenari agar Tetap Hidup ini sangat penting. Burung kenari adalah burung sosial berwarna cerah yang berasal dari Kepulauan Canary. Kokoh dan mudah dirawat, mereka secara teratur hidup sepuluh sampai lima belas tahun dan diketahui hidup selama dua puluh tahun. Dengan pengetahuan dasar perawatan kenari, Anda harus bisa menjalin hubungan yang lama dengan salah satu hewan ramah ini.

Beli kandang yang besar. Burung kenari suka terbang dari sisi ke sisi, sehingga Anda harus memiliki kandang yang sangat lebar, tetapi tidak harus tinggi. Untuk seekor  Burung Kenari, kandang Anda harus berukuran tinggi enam belas dan lebar tiga puluh. Semakin besar kandangnya, semakin baik untuk kenari.

Pastikan area tempat Anda meletakkan kandang memiliki cahaya dan ventilasi yang baik, tanpa aliran udara. Ini harus jauh dari pintu dan jendela yang memungkinkan sinar matahari langsung, karena itu bisa membuatnya terlalu hangat. Ini harus berada di dekat salah satu dinding, untuk menciptakan rasa aman yang lebih besar bagi kenari.

Gantung kandang atau letakkan di atas penyangga, sehingga kandang ditinggikan kira-kira enam meter di atas lantai. Pasang tempat bertengger. Di toko hewan peliharaan, belilah kayu alami untuk dipasang di sepanjang kandang untuk bertengger. Beli tempat bertengger dengan diameter berbeda untuk menambah keragaman pengalaman kenari Anda. Karena burung kenari lebih suka terbang secara horizontal, daripada naik atau turun. 

Beberapa burung kenari juga menyukai ayunan. Jika Anda membeli satu, pastikan ini juga miring. Jangan sampai burung kenari menghalangi penerbangan Anda melintasi kandang. Bersihkan kandang secara rutin. Lapisi bagian bawah sangkar dengan kertas biasa, seperti kertas tukang daging. Setiap hari Anda harus mengganti kertas ini dan air bersih serta mangkuk makanan. 

Apa Saja Tips Merawat Burung Kenari agar Tetap Hidup itu? 

Seminggu sekali gunakan sabun dan air atau disinfektan sangkar burung untuk membasuh seluruh sangkar. Hindari menggunakan pemutih. Membersihkan kandang sangatlah penting. Kandang yang kotor akan membuat kenari Anda mudah terserang penyakit. Memberi Makan Kenari Anda dengan teratur supaya kenari anda tetap sehat dan hidup

Siram secara teratur. Burung kenari bisa mati setelah 24 jam tanpa air. Anda harus memiliki wadah air besar di dalam kandang yang Anda isi ulang secara teratur. Air keran seharusnya bagus untuk kenari Anda. Namun, jika Anda tahu bahwa standar air setempat Anda buruk, pertimbangkan untuk menggunakan air kemasan.

Beri makan pelet kenari Anda. Pelet adalah pengganti biji yang lebih disukai, karena mereka dirancang untuk memasukkan lebih banyak protein dan vitamin yang dibutuhkan kenari Anda. Namun, jika kenari Anda tidak dibesarkan dengan pelet, kemungkinan besar burung kenari akan menolak untuk memakannya. Anda dapat mencoba mentransisikan kenari menjadi pelet, tetapi Anda harus melakukannya dengan perlahan dan hati-hati.

Jika Anda ingin mengubah kenari Anda menjadi pelet, masukkan sedikit dengan bijinya dan perlahan-lahan, selama empat hingga delapan minggu, kurangi jumlah biji dan tambah jumlah pelet. Jika kenari Anda masih belum memakan pelet, jangan berhenti memberinya biji. Beri makan benih kenari Anda. Meskipun bukan sumber nutrisi terbaik untuk kenari Anda, biji mungkin adalah jenis makanan favoritnya.

Sediakan campuran benih kenari Anda yang berlabel kenari di toko hewan peliharaan. Beri makan kenari Anda kira-kira satu sendok teh makanan per hari. Burung kenari tidak cenderung makan berlebihan, jadi Anda bisa memberi mereka makan sedikit lebih banyak jika Anda yakin itu perlu. Beri makan buah dan sayuran kenari Anda. Sekitar dua puluh sampai dua puluh lima persen dari makanan harian kenari Anda harus terdiri dari buah-buahan atau sayuran.

Cuci dan potong beberapa buah atau sayuran menjadi potongan-potongan sangat kecil setiap hari. Tempatkan kurang dari satu sendok teh di piring terpisah. Variasikan jenis buah dan sayuran yang sering Anda beri makan kenari. Alpukat beracun bagi burung kenari. Selada tidak menawarkan nutrisi yang cukup.

Beri makan protein kenari Anda. Jika kenari Anda menjalani diet benih, kemungkinan besar burung kenari tidak mendapatkan cukup protein. Cara yang baik untuk menambah pasokan protein burung kenari Anda adalah dengan memberi makan telur yang direbus selama lima belas samoai dua puluh menit. Biarkan dingin dan masukkan potongan-potongan kecil ke dalam loyang dua kali seminggu.

Gunting kuku kenari Anda. Kuku kenari perlu dipotong kira-kira dua kali setahun agar tetap sehat. Namun, terdapat pembuluh darah di dalam kuku yang jika tertusuk dapat menyebabkan pendarahan yang parah dan berpotensi fatal. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda tentang teknik pemotongan kuku yang benar. Itulah artikel Tips Merawat Burung Kenari agar Tetap Hidup ini ditulis, semoga bermanfaa dan kami ucapkan terimakasih. Baca selengkapnya hanya di Suka Kabar.

3 komentar untuk "Tips Merawat Burung Kenari agar Tetap Hidup"

  1. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    Whatshapp : +85515373217 :-* (f)

    BalasHapus
  2. Mantab, burung kenari adalah jenis burung dengan peminat yang banyak. Tak lekang waktu. Selain kandang besar ternyata juga pencahayaan penting ya mas. Semangat. Semoga sukses.

    BalasHapus